Akan Sia-siakah Menang atas Argentina?

  • Share
Para pemain Timnas Arab Saudi melakukan sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Argentina pada laga Piala Dunia 2022 di Stadion Ikonik Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022) malam WIB. [Odd ANDERSEN / AFP]

WMOTION.CO.ID – Dua tim papan bawah di Grup C Piala Dunia saat ini, Arab Saudi dan , kebetulan harus saling jumpa di pertandingan terakhir grupnya. Meskipun saat ini posisi Meksiko adalah yang lebih rendah dengan hanya 1 poin yang bisa diraih dari dua laga awal, Arab Saudi pun sebenarnya tidak kalah kesulitan.

Arab Saudi yang bikin kejutan besar di pertandingan perdana mereka dengan menekuk Argentina 2-1, bisa saja harus kehilangan sia-sia manfaat dari kemenangan penting mereka itu di Piala Dunia kali ini. Arab Saudi harus menang lawan Meksiko untuk aman ke babak 16 besar. Hasil baru akan aman jika di lain Polandia bisa mengalahkan Argentina.

Ini semua gegara Arab Saudi ternyata harus tersungkur di pertandingan keduanya ketika menghadapi Polandia. Entah mungkin karena euforia sukses Al-Dawsari dan kawan-kawan menaklukkan Argentina, atau memang Polandia yang waktu itu sudah lebih bisa membaca dan mengantisipasi permainan Arab Saudi.

Para Timnas Arab Saudi saat melakukan sujud syukur usai mencetak gol ke gawang Argentina pada laga Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Selasa (22/11/2022) malam WIB. [Odd ANDERSEN / AFP]

Sementara itu di kubu lainnya, Meksiko yang baru mengumpulkan poin 1 dari hasil imbang di pertandingan perdananya lawan Polandia, jelas punya motivasi kuat untuk bisa meraih kemenangan pertama dan menentukan di partai ini. Dan tidak sekadar kemenangan biasa, tim El Tri yang belum sekali pun mampu menjebol gawang lawan, butuh kemenangan besar untuk memperbesar peluang.

Baca Juga:
Setelah Qatar, Arab Saudi Bakal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030? Messi dan Ronaldo Dijadikan Alat

Jika mampu menang besar atas Arab Saudi, Meksiko masih akan berpeluang ketika hasil pertandingan satu lagi berbuah kemenangan bagi Argentina atau imbang. Jika Argentina yang menang, mereka akan berhitung selisih gol dengan Polandia; sementara jika laga itu imbang, selisih gol Meksiko akan dibandingkan dengan milik Argentina.

Sekadar catatan, jika Meksiko kali ini harus gagal lolos dari grup, ini merupakan kejadian pertama sejak Piala Dunia 1978 lalu. Di tujuh edisi piala dunia sebelum ini, Meksiko memang selalu bisa lolos ke fase knock-out, meski rata-rata kemudian hanya bisa merasakan satu kali penampilan.

Akan halnya Arab Saudi, jika mampu lolos ke fase 16 Besar, ini akan mengulangi capaian di debut mereka pada Piala Dunia 1994 lalu. Sejak itu, tim dari kawasan Asia ini belum pernah lagi mampu lolos dari fase penyisihan grup, dan baru kali ini punya peluang besar sejak penampilan perdananya yang gemilang dan menjadi trending topic dunia.

“Tidak lolos (fase grup) akan menimbulkan banyak rasa frustrasi,” ungkap pelatih Meksiko, Gerardo Martino. “Kami membutuhkan gol-gol untuk menang, dan itulah yang kami perlukan untuk bisa membuat kami bertahan di Piala Dunia ini,” tambahnya.

“Kami akan bermain sampai ke detik terakhir turnamen ini, dan kami tidak akan menyerah begitu saja,” tutur pelatih Arab Saudi, Herve Renard pula dalam komentar senada.

Baca Juga:
Pantang Menyerah! PSSI Terus Perjuangkan Gol ke Gawang Uruguay

Lantas, apakah tekad dan motivasi melampaui prestasi sebelumnya dari Arab Saudi, atau dari kubu Meksiko kah, yang bakal menuai hasil? Sejumlah pengamat maupun laman prediksi sepak bola tampaknya mengunggulkan Meksiko untuk menang. Tapi, jika Arab Saudi bisa sekuat saat menang atas Argentina lalu, merekalah yang akan melaju.

Kondisi Tim

Arab Saudi:
Renard akan terpaksa mengubah lini tengah timnya, usai absennya Abdulelah Al-Malki gegara akumulasi kartu kuning. Namun sementara itu, Riyad Sharahili yang kembali berlatih mungkin akan berguna, demikian juga dengan motivasi gol dari Salem Al-Dawsari yang sudah dipastikan fit untuk laga ini.

Meksiko:
Tim El Tri sempat harus khawatir kehilangan kapten dan pemain veteran, Andres Guardado, usai cedera ototnya di laga lawan Argentina –meski dalam latihan kemarin dikonfirmasi sudah pulih. Memainkan Raul Jimenez di depan, mungkin akan bisa membantu target menang dengan skor besar bagi Meksiko.

Penyerang Meksiko Alexis Vega (kiri) berebut bola dengan bek Argentina Lisandro Martinez (kanan) saat pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Meksiko di Stadion Lusail di Lusail, Qatar, Sabtu (26/11/2022). [Odd ANDERSEN/AFP]
Penyerang Meksiko Alexis Vega (kiri) berebut bola dengan bek Argentina Lisandro Martinez (kanan) saat pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Sabtu (26/11/2022) lalu. [Odd ANDERSEN/AFP]

Data Pertandingan Arab Saudi vs Meksiko di Grup C Piala Dunia 2022

Venue: Stadion Lusail, Al Daayen
: Michael Oliver (Inggris)
Waktu Kick-off: 02.00 WIB
Siaran Langsung: Vidio, ChampionsTV-1

Head to Head Arab Saudi vs Meksiko

25 Jul 1999: Meksiko vs Arab Saudi 5-1 (Konfederasi)
03 Jun 1998: Arab Saudi vs Meksiko 0-0 (Uji coba)
14 Des 1997: Arab Saudi vs Meksiko 0-5 (Konfederasi)
06 Jan 1995: Arab Saudi vs Meksiko 0-2 (Konfederasi)

Hasil 5 Pertandingan Terakhir

Arab Saudi
26 Nov 2022: Polandia vs Arab Saudi 2-0 (K)
22 Nov 2022: Argentina vs Arab Saudi 1-2 (M)
16 Nov 2022: Arab Saudi vs Kroasia 0-1 (K)
10 Nov 2022: Panama vs Arab Saudi 1-1 (S)
06 Nov 2022: Arab Saudi vs Islandia 1-0 (M)

Meksiko
27 Nov 2022: Argentina vs Meksiko 2-0 (K)
22 Nov 2022: Meksiko vs Polandia 0-0 (S)
17 Nov 2022: Meksiko vs Swedia 1-2 (K)
10 Okt 2022: Meksiko vs Irak 4-0 (M)
28 Sep 2022: Meksiko vs Kolombia 2-3 (K)

Perkiraan Arab Saudi vs Meksiko di Grup C Piala Dunia 2022

Arab Saudi (4-1-4-1): 21-Mohammed Alowais; 12-Saud Abdulhamid, 4-Abdulelah Al-Amri, 17-Hassan Al-Tambakti, 2-Sultan Al-Ghannam; 23-Mohammed Kanno; 6-Mohammed Al-Burayk, 15-Ali Al-Hassan, 16-Sami Al-Naji, 10-Salem Al-Dawsari (C); 11-Saleh Al-Shehri
Pelatih: Herve Renard

Meksiko (4-3-3): 13-Guillermo Ochoa; 19-Jorge Sanchez, 15-Hector Moreno, 3-Cesar Montes, 23-Jesus Gallardo; 16-Hector Herrera, 18-Andres Guardado (C), 24-Luis Chavez; 22-Hirving Lozano, 9-Raul Jimenez, 10-Alexis Vega
Pelatih: Gerardo Martino

#Akan #Siasiakah #Menang #atas #Argentina

Sumber : www.suara.com

  • Share