Biaya Alat Mahal, PSSI Belum Berencana Gunakan VAR untuk Kompetisi Musim Depan

  • Share
Ketum Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh, enggan menjadi kuasa hukum Vigit Waluyo Soal Match Fixing [WMOTION.CO.ID/Dimas Angga P]

WMOTION.CO.ID – Persatuan Sepak Bola Seluruh (PSSI) belum berencana memakai asisten wasit atau yang lebih dikenal di Liga Indonesia musim depan lantaran biaya alat yang mahal.

Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh di , Kamis (17/3/2022), mengatakan untuk gelaran Liga Indonesia belum ada yang memakai VAR karena penganggaran alat tersebut masih dalam pembahasan.

“Belum (untuk musim depan). VAR masih penganggaran. Satu , VAR bisa Rp80 miliar,” ujarnya.

Ketum Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh, enggan menjadi kuasa hukum Vigit Waluyo Soal Match Fixing [WMOTION.CO.ID/Dimas Angga P]

Sebagai gantinya, PSSI menggunakan tambahan asisten wasit yang ditugaskan di dekat gawang masing-masing tim yang berlaga.

Baca Juga:
Skenario untuk Sabet Gelar Juara Musim Ini

Mereka dilengkapi tongkat dan gelang yang terhubung dengan wasit tengah untuk menganulir atau mengoreksi keputusan yang kurang tepat.

Riyadh menyebut asisten wasit tambahan ini sekarang sudah diterapkan di sisa-sisa pertandingan Liga 1 musim ini.

, tidak ada wasit tambahan, yang ada wasit tambahan hanya di Liga 1, sambil menunggu VAR maka ditambah dua wasit, mulai kemarin tanggal 9 (Maret), pertandingan, sudah menggunakan asisten wasitnya jadi empat,” kata Riyadh.

Sementara untuk antisipasi praktik skor oleh mafia bola, Riyadh lebih memilih jalur pembinaan terhadap wasit dan klub peserta liga.

Menurut yang juga seorang pengacara tersebut, tanpa klub yang berbuat curang tidak mungkin ada wasit yang curang.

Baca Juga:
Skenario Bali United untuk Kunci Gelar Juara Liga 1 2021-2022

“Jadi simbiosis mutualisme. Semuanya saling terkait. Maka kita harus berantas ini semuanya,” kata dia.

“Wasit di Indonesia ini, tertinggi honornya dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Maka tidak ada alasan lagi kekurangan uang,” tambah dia.

Sebelumnya, Ahmad Riyadh yang juga Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim itu menantang tersangka pengaturan skor dan suap Liga 3 Zona Jatim, Bambang Suryo, untuk mengungkap nama lain yang terlibat dalam kasus tersebut.

“Justru kami dari PSSI sangat menunggu itu harus dibuka. Kalau kita memberantas di ujungnya saja, jadinya rugi,” katanya seperti dimuat Antara.

#Biaya #Alat #Mahal #PSSI #Belum #Berencana #Gunakan #VAR #untuk #Kompetisi #Musim #Depan

Sumber : www.suara.com

  • Share