Bima Sakti Akui Blunder, Kalah Cerdik dari Pelatih Malaysia usai Timnas U-17 Gagal ke Piala Asia

  • Share
Pemain Timnas Indonesia U-17, Muhammad Nabil Asyura (tengah) memegang kepalanya usai Timnas Malaysia U-17 mencetak gol dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022) malam. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

WMOTION.CO.ID – Pelatih U-17 Bima Sakti mengakui telah melakukan blunder yang harus dibayar mahal oleh timnya yang dipastikan ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Timnas Indonesia U-17 gagal ke putaran final setelah secara mengejutkan kalah 1-5 dari U-17 dalam matchday keempat atau terakhir Grup B 2023 di , Cibinong, , Minggu (9/10/2022) malam WIB.

Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia U-17 finis kedua dalam klasemen Grup . Sementara dalam klasemen runner-up terbaik, Garuda Asia cuma finis ketujuh alias berada satu strip di bawah batas lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Timnas Indonesia U-17, Muhammad Nabil Asyura (tengah) memegang kepalanya usai Timnas Malaysia U-17 mencetak gol dalam laga di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022) malam. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Bima Sakti mengakui dirinya telah membuat kesalahan dalam ajang ini. Kekalahan dari Malaysia dianggap tak lepas dari kondisi fisik pemainnya yang menurun buntut dari rotasi pemain yang kurang tepat di laga-laga sebelumnya.

Baca Juga:
Bantai Timnas Indonesia U-17, Pelatih Malaysia Bantah Klaim Bima Sakti Soal Iqbal Gwijangge

Para pemain Timnas Indonesia U-17 diduga kelelahan lantaran Bima Sakti hampir tidak pernah melakulan rotasi kepada beberapa pemain andalannya di tengah jadwal yang begitu padat.

Andrika Fathir, Habil Abdillah, Sulthan Zaky, Riski Afrisal, Kafiatur Rizky, dan Arkan Kaka hampir tidak tergantikan sebagai starter.

Para pemain Timnas Malaysia U-17 merayakan gol ke gawang Indonesia dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (9/10/2022) malam. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]
Para pemain Timnas Malaysia U-17 merayakan gol ke gawang Indonesia dalam laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Minggu (9/10/2022) malam. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Menurut Bima seharusnya ia memberikan waktu istirahat terutama saat Timnas Indonesia U-17 menang 14-0 melawan Guam pada matchday pertama 3 Oktober lalu.

“Bisa jadi karena kelelahan. Ini kesalahan saya juga, di awal kemarin lawan Guam kita sudah pasang, satu jam pertama harusnya rotasi di posisi 4-5, tapi kita ambil save dulu,” kata Bima Sakti dalam konferensi pers pasca laga di Stadion Pakansari, Minggu (9/10/2022).

“Babak kedua 4-5 pemain kita gantikan, mungkin juga bisa faktor itu (kelelahan) dan ini akan jadi evaluasi kami. Pertandingan pertama, harusnya pasang pemain bench dahulu,” terangnya.

Baca Juga:
! Timnas Indonesia U-17 Gagal ke Piala Asia karena Kalah Selisih Satu Gol dari Laos

Situasi itu menunjukkan Bima Sakti kalah cerdik dari pelatih Timnas Malaysia U-17, Osmera bin Omaro yang mengaku sengaja menyimpan tenaga saat menghadapi Guam hingga Harimau Malaya cuma bermain imbang 1-1.

#Bima #Sakti #Akui #Blunder #Kalah #Cerdik #dari #Pelatih #Malaysia #usai #Timnas #U17 #Gagal #Piala #Asia

Sumber : www.suara.com

  • Share