Dianggap Biang Kegagalan Brasil di Piala Dunia 1950, Dikucilkan hingga Wafat

  • Share
Kiper legendaris timnas Brasil, Moacir Barbosa yang jadi kambing hitam kegagalan Selecao di Piala Dunia 1950. [Dok. odioeternoalfutbolmoderno.es]

WMOTION.CO.ID – merupakan salah satu kiper legendaris . Namun, satu kesalahannya di Piala Dunia 1950 membuat namanya tercoreng dan gagal dibersihkan hingga ajal menjemputnya.

Brasil sendiri didapuk menjadi pada edisi 1950. Brasil menjadi favorit untuk merengkuh trofi, terlebih mereka datang ke dengan status Copa America 1949.

Selecao keluar sebagai juara penyisihan grup bersama Spanyol, Swedia, dan Uruguay. Pertandingan grup akhirnya pun dilangsungkan.

Sebagai informasi, saat itu Piala Dunia tidak menganut format final, tetapi pada akhir laga puncak terjadi mempertemukan Brasil dan Uruguay untuk menentukan juaranya.

Baca Juga:
Mengenal Teknologi SAOT dan Kerjanya di Piala Dunia 2022 Qatar

Laga penentuan yang berlangsung di Estadio do Maracana pada 16 Juli 1950 itu dipenuhi para suporter tuan . Laga puncak pun berlangsung, dan berawal dengan mudah bagi tuan rumah. Friaca mencetak gol setelah 47 menit dominasi Brasil.

Namun pada menit ke-66 Uruguay menyamakan kedudukan. Bigode dikecoh oleh Alcides Ghiggia di sisi kiri Brasil, yang memberi assist ke Juan Alberto Schiaffino untuk mencetak gol. Skor 1-1.

Kiper legendaris timnas Brasil, Moacir Barbosa yang jadi kambing hitam kegagalan Selecao di Piala Dunia 1950. [Dok. odioeternoalfutbolmoderno.es]

Kemudian, pada menit ke-79, Ghiggia kembali mengalahkan Bigode, hanya saja kali ini ia melakukan tembakan sendiri. Barbosa, apesnya, salah menebak arah tendangan Ghiggia yang membuat Uruguay berbalik unggul 2-1.

Keunggulan ini tak berubah hingga akhirnya wasit asal , George Reader, meniup peluit akhir tanda pertandingan berakhir. Brasil pun kalah dan kekalahan itu dikenal sebagai Maracanazo atau “Kiamat di Maracana”.

Kekalahan itu pada akhirnya melahirkan Barbosa sebagai kambing hitam. Hukumannya memang bukan penjara, tapi dia dikucilkan oleh negaranya dan rakyatnya sendiri, Barbosa dianggap aib, dan banyak orang menjauhinya.

Baca Juga:
Profil Harry Kane, Kapten Inggris Sempat Terancam Kena Sanksi FIFA di Piala Dunia 2022

Saat Piala Dunia 1994, misalnya, pelatih Brasil saat itu Mario Zagallo melarang Barbosa bertemu dengan para karena khawatir akan menularkan nasib buruk.

#Dianggap #Biang #Kegagalan #Brasil #Piala #Dunia #Dikucilkan #hingga #Wafat

Sumber : www.suara.com

  • Share