Jersey Tangan Tuhan Diego Maradona Dipamerkan di Qatar Selama Piala Dunia 2022

  • Share
Jersey Piala Dunia 1986 milik legenda sepak bola Argentina Diego Maradona dipajang sebelum dilelang oleh Sotheby's di London, Inggris, Rabu (20/4/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/rwa.

WMOTION.CO.ID – Jersey yang dikenakan Diego Maradona ketika dia mencetak gol “Tangan Tuhan” yang terkenal saat melawan Inggris pada 1986 akan dipajang di Qatar selama Piala Dunia, hanya berselang lima setelah kaos tersebut memecahkan di lelang.

Jersey itu terjual seharga 9,3 juta dolar AS (sekira Rp142,3 miliar) kepada seorang pembeli yang dirahasiakan namanya dan akan dipinjamkan ke museum olahraga 3-2-1 Qatar untuk dipajang mulai Minggu (2/10) besok hingga 1 April tahun depan.

Qatar belum menyebutkan pemilik baru jersey tersebut — seseorang yang membayar dengan jumlah memecahkan rekor harga untuk benda memorabilia olahraga apa pun. Namun, negosiasi untuk memamerkan benda tersebut dimulai hanya beberapa pekan setelah lelang pada 4 Mei lalu.

Jersey Piala Dunia 1986 milik legenda sepak bola Argentina Diego Maradona dipajang sebelum dilelang oleh Sotheby’s di London, Inggris, Rabu (20/4/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/rwa.

Kepala Museum Qatar Sheikha Al Mayassa binti Hamad bin Khalifa Al Thani, yang juga anggota keluarga penguasa negara Teluk itu, mengatakan dia “bersemangat” mengamankan jersey tersebut untuk khusus Piala Dunia.

Baca Juga:
Cedera Ligamen Lutut, Batal Tampil di Piala Dunia 2022 Bersama Prancis

“Jersey telah melalui perjalanan yang cukup panjang,” ujar Sheikha Mayassa., seperti disiarkan AFP, Sabtu (1/10/2022).

“Dimulai dengan momen ketika gelandang Nottingham Forest Steve Hodge bertukar kaus dengan Maradona setelah pertandingan, yang sekarang tampaknya menjadi langkah yang menginspirasi,” ujarnya menambahkan.

Maradona mencetak kedua gol dalam kemenangan 2-1 perempat Piala Dunia atas Inggris di Aztec Mexico City pada 1986.

Laga tersebut menjadi salah satu yang paling banyak dibicarakan dalam sejarah sepak bola dan menghiasi status legendaris Maradona, yang meninggal karena serangan jantung pada November 2020 di usia 60 tahun.

Mengenakan nomor punggung 10, Maradona meninju bola melewati Inggris Peter Shilton untuk gol pertama, kemudian menyebut kejadian itu adalah “sedikit dengan kepala Maradona, sedikit dengan tangan Tuhan.”

Baca Juga:
Profil Otto Addo, Pelatih Timnas di Piala Dunia 2022

Setelah itu, Maradona melesat melewati lima Inggris dan Shilton untuk mencetak gol yang terpilih sebagai “Gol Abad Ini” dalam jajak pendapat FIFA 2002.

#Jersey #Tangan #Tuhan #Diego #Maradona #Dipamerkan #Qatar #Selama #Piala #Dunia

Sumber : www.suara.com

  • Share