Marc Klok akan Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2021

  • Share
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri saat memberikan keterangan kepada awak media di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [WMOTION.CO.ID / Adie Prasetyo Nugraha]

WMOTION.CO.ID – Direktur Teknik PSSI, memberikan bocoran salah satu pemain senior yang akan tampil memperkuat U-23 di Vietnam. Ia menyebut pemain naturalisasi kepunyaan Persib Bandung, jadi salah satu pilihan.

Adapun SEA Games 2021 baru bisa berlangsung pada 12-23 Mei 2022 setelah mengalami penundaan lantaran pandemi Covid-19. Khusus cabang olahraga sepakbola yang bakalan tampil adalah pemain di bawah usia 23.

Meski begitu, panitia penyelenggara membolehkan ada dua pemain senior alias di atas usia 23 di dalam tim. Nah, satu slot pemain senior itu menurut Indra Sjafri sudah diisi oleh Marc Klok.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri saat memberikan keterangan kepada awak media di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Kamis (20/8/2020). [WMOTION.CO.ID / Adie Prasetyo Nugraha]

“Kami sudah mendaftarkan Marc Klok ke SEA Games 2021 untuk kuota pemain senior,” kata Indra Sjafri saat ditemui awak media di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (11/3/2022).

Baca Juga:
Ronaldo Kwateh Antusias Timnas Indonesia U-19 Bakal Hadapi Korea Selatan

Adapun Marc Klok resmi menjadi WNI lewat naturalisasi pada November 2020. Meski sudah sah, ternyata pemain 28 tahun itu belum bisa memperkuat tim nasional Indonesia lantaran tak memenuhi statuta FIFA.

Statuta FIFA 2020 Pasal Ketujuh tentang kelayakan bermain untuk tim perwakilan menjelaskan siapa pun pemain yang ingin bermain di negara barunya, harus lahir di wilayah asosiasi itu, ibu kandung atau ayahnya lahir di wilayah asosiasi itu, nenek atau kakeknya lahir di wilayah asosiasi itu, atau telah tinggal di wilayah asosiasi itu.

Khusus Klok itu berarti yang bersangkutan baru bisa membela Timnas Indonesia jika sudah lima tahun menetap di Tanah Air. Pasalnya, eks Persija Jakarta itu tak bisa menunjukkan garis keturunan Indonesia.

Marc Klok telah menetap di Indonesia sejak April 2017 ketika bergabung dengan PSM Makassar. Artinya, mantan pemain Persija Jakarta itu tinggal membutuhkan beberapa pekan lagi untuk memenuhi syarat bermain bersama Timnas Indonesia.

“Jumlah pemain senior di SEA Games 2021 boleh dimainkan dua. Namun, yang didaftarkan lebih dari itu. Artinya yang boleh bermain dua, seperti edisi sebelumnya,” terang Indra Sjafri.

Baca Juga:
Alasan Pelatih Ansan Greeners Mainkan Asnawi Cuma 24 Menit dan 4 Berita Bola Terkini

“Kami sudah yakin Marc Klok bisa bermain karena dia sudah sesuai aturan selama lima tahun tinggal di Indonesia,” pungkasnya.

#Marc #Klok #akan #Perkuat #Timnas #Indonesia #SEA #Games

Sumber : www.suara.com

  • Share