Masuk List Bakal Calon Waketum PSSI, Menpora Daftar Melalui Stafnya

  • Share
Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan pers bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan usai memantau latihan Timnas Indonesia jelang semifinal Piala AFF 2022 kontra Vietnam, Kamis (5/1/2023), di SUGBK. (WMOTION.CO.ID/Adie Prasetyo Nugraha).

WMOTION.CO.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tengah menjadi sorotan setelah secara mengejutkan namanya masuk dalam bursa kepengurusan PSSI periode 2023-2027.

Masuknya Menpora Zainudin Amali diketahui setelah Ketua Komite Pemilihan (KP) Amir Burhanuddin mengumumkan nama-nama bakal calon Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027.

Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan usai memantau latihan jelang kontra Vietnam, Kamis (5/1/2023), di SUGBK. (WMOTION.CO.ID/Adie Prasetyo Nugraha).

Kapan Zainudin Amali mendaftarkan diri?

Amir menjelaskan bukan menpora yang mendaftarkan diri langsung ke sekretariat KP di Kantor PSSI, GBK Arena, . Menteri asal Gorontalo itu menyampaikan kesediannya menjadi wakil ketua umum melalui stafnya, Minggu (16/1/2023) sekitar pukul 12.00 WIB.

Baca Juga:
Menpora Zainudin Amali Calonkan Diri Jadi , Ini Daftar Lengkap Calon Ketum, Waketum dan 2023-2027

“(Menpora) daftar melalui stafnya datang ke kantor PSSI sekitar pukul 12 siang. Beliau sampaikan kesediaannya mencalonkan diri sebagai calon wakil ketua umum PSSI,” kata Amir dalam konferensi pers di Kantor PSSI, Senin (16/1/2023) malam.

Meski sudah mendaftarkan diri, Amali belum tentu lolos sebagai calon wakil ketua umum PSSI. Ada proses verifikasi yang akan dilakukan

“Nanti kami akan konfirmasi dengan lain. Begitu juga (bakal calon) yang lainnya. satu syarat calon minimal itu dapat dukungan satu anggota PSSI,” tambahnya.

Amir menjelaskan mekanisme berikutnya setelah pendaftaran ditutup pukul 18.00 WIB. Pengumuman calon ketua umum, wakil ketua umum, dan Anggota Komite Eksekutif (Exco) diumumkan pada 31 Januari 2023.

Nantinya, mereka yang lolos akan berjuang memperebutkan satu posisi ketua umum, dua wakil ketua umum, dan 12 anggota Exco PSSI dalam Kongres Luar Biasa () yang akan digelar pada 16 Februari 2023.

Baca Juga:
Kurniawan Dwi Yulianto Bongkar Kecurangan Saat Ikut Pemilihan Ketua Umum PSSI: Diikuti ke Toilet Diminta Jadi Calo dengan Imbalan Tertentu

“19-21 (Januari) masa penyampaian kelengkapan berkas apabila ada yang kurang. Nanti saat menyampaikan berkas ke kami, kami berikan catatan yang kurang,” terang Amir.

“Bagi yang merasa lengkap nggak usah menunggu 19-21, lalu 22-31 (Januari) itu masa verifikasi. Baik administrasi maupun hal lain sebagai calon. Nanti kita umumkan di tanggal 31 (Januari) menjadi daftar calon sementara,” pungkasnya.

#Masuk #List #Bakal #Calon #Waketum #PSSI #Menpora #Daftar #Melalui #Stafnya

Sumber : www.suara.com

  • Share