Profil Lee Yu-jun, Pemain Naturalisasi Asal Korea Selatan

  • Share
Profil Lee Yu-jun, Pemain Naturalisasi Asal Korea Selatan

WMOTION.CO.ID – Gelandang berdarah Korea Selatan milik Madura , Lee Yu-jun belakangan jadi pembicaraan karena keinginannya untuk membela Timnas setelah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Lee Yu-jun mesti melalui perjalanan berliku untuk menuntaskan proses naturalisasinya. Tepat sebelum penutupan pendaftaran pemain, pengesahannya sebagai WNI akhirnya terbit.

Debutnya sebagai pemain lokal terjadi ketika Madura United menantang Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya pada lanjutan BRI /2023, 14 Agustus lalu.

Adapun, proses naturalisasi Lee Yu-jun cukup berliku. Jalannya untuk menjadi WNI dibuka dengan menikahi perempuan Indonesia.

Jangkar berusia 32 tahun ini pun mengungkapkan harapannya ke depan untuk bisa membela Timnas Indonesia.

“Saya ingin membantu lebih banyak hal di Indonesia. Mungkin untuk timnas (Indonesia) dan khususnya untuk klub saya saat ini,” ucapnya. 

Profil Lee Yu-jun

Lee Yu-jun merupakan kelahiran Seoul, Korea Selatan, 26 September 1989 silam. sepakbolanya dimulai di Brasil sejak 2007 hingga 2011.

Kedekatan Lee Yu-jun dengan Brasil bisa terjalin karena dia tinggal di sana sejak 2002. Beberapa klub Brasil sempat dibela olehnya.

Di antaranya ada Americano, Madureira, Rio Claro, Sorocaba, hingga Juventude. Pada 2012, dia kembali ke Korea Selatan dan bermain untuk tiga klub berbeda di Negeri Gingseng.

Icheon Citizen jadi klub Korea Selatan pertama yang dibela oleh Lee Yu-jun. Dia lalu pindah ke Gangwon. Sempat kembali ke Icheon Citizen, dia akhirnya membela Chungju Hummel.

Lee Yu-jun lalu merantau lagi ke Indonesia pada 2016. Adalah Bhayangkara FC yang menjadi klub Indonesia pertama yang dibelanya.

Tidak butuh waktu lama buat Lee Yu-jun membuktikan kualitasnya dengan memberikan gelar Liga 1 2017 untuk Bhayangkara FC.

Tempatnya di sektor gelandang bertahan tidak tergantikan di Bhayangkara FC. Dia membela Bhayangkara FC hingga 2021.

Total Lee Yu-jun memainkan 126 pertandingan buat Bhayangkara FC selama kurang lebih lima musim dan dia mencatatkan 6 gol.

Pada , Lee Yu-jun memulai petualangan baru dengan bergabung ke Madura United untuk /2023.

[Aditia Rizki]

#Profil #Lee #Yujun #Pemain #Naturalisasi #Asal #Korea #Selatan

Sumber : www.suara.com

  • Share