Resep Donat empuk

  • Share

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat empuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat empuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat empuk enak di , karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat empuk adalah 20-22 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat empuk diperkirakan sekitar kurleb 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga tubuh kita. Anda bisa membuat Donat empuk memakai 10 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sering lihat di grup donat fb & ig donat empuk & menul

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat empuk:

  1. 150 gr tepung cakra
  2. 150 gr tepung segitiga
  3. 2 sdm susu bubuk
  4. 3 sdm gula pasir
  5. 1 bks fermipan
  6. 2 kuning telur
  7. 150-200 susu cair
  8. 1 sdm mentega
  9. 1 sdt sp
  10. Sedikit garam

Langkah-langkah untuk membuat Donat empuk

  1. Masukkan tepung, gula pasir, tepung, susu bubuk, fermipan & kuning telur dlm wadah lalu aduk sampai tercampur smua
  2. Lalu masukkan susu cair, lalu uleni dgn tangan sampai setengah kalis
  3. Lalu masukkan mentega uleni lagi, ato dimixer sebentar sampai Kalis & menyatu lalu masukkan sp sampai benar2 lembut (kurleb mixer 5-10menit)
  4. Lalu basahkan tangan dg minyak sedikit dan bulat adonan yg Kalis tadi di wadah & tutup wadah dgn serbet yg dicipratin air sedikit, lalu diamkan ato taroh di bawah sinar matahari kurleb 1jam (bisa dibawah lampu,klo mau buat malem2)
  5. Setelah adonan ngembang, kempes kan dgn tangan & uleni sebentar & bagi sesuai selera. Klo saya 30gr (spy bisa dpt selusin utk 1dus kotak donat)
  6. Lalu bulatkan & pipihkan (pake tangan) serta bolongin tengahnya (pake tutup botol )
  7. Taroh di wadah dg dialasi kertas coklat/kertas nasi, lalu tutup & diamkan kurleb 30 menit
  8. Lalu goreng dgn dgn api kecil yg sdh di panas kan, setelah kecoklatan emas baru balik & setelah kecoklatn emas pula baru angkat (jangan di bolak balik trus)
  9. Atur dlm wadah berjejer, jangan ditumpuk krn donat nya empuk. Setelah adem baru ksh topping sesuai selera
  10. Tips ksh topping: Enak kan pake coklat batangan dicairkan dgn 1-2sdm minyak di tim (lbh kokoh) Klo pake glaze jg hrs pake 1-2sdm minyak diaduk aja tdk usah ditim (tp jadinya basah) Utk keju pake krim terlebih dahulu baru taburi keju parut

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat empuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

  • Share