Resep Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang)

  • Share

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang) enak di , karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang) adalah 13pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang) memakai 9 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillah Donat lover yuuuk kumpul 🍩🍩🍩 kali ini posting donat yang adonannya pakai full terigu serbaguna atau terigu protein sedang. Seringkali bikin donat/roti pakai full tepung pro sedang lantaran kehabisan tepung protein tinggi. Menurut aku donat menggunakan full tepung pro sedang hasilnya lembut banget kimpus2 donatnya, nah kalau pakai full tepung pro tinggi donat cenderung padat dan membal. Nah tekstur yg pas menurut aku untuk donat menggunakan campuran tepung pro tinggi dan pro sedang yang akan menghasilkan donat yang lembut, membal dan sedikit padat. Semua balik ke selera ya.. Kunci dari membuat donat agar donat empuk berhari2 kuncinya adonan harus kalis elastis, kalau sudah sampai kalis elastis dijamin donat/roti pasti empuk lembut kimpus2. Note : *untuk takaran bahan cairan air/susu bisa kurang atau lebih, karna kelembaban tepung berbeda2 jd harus hati2 ya, usahakan pemberian air secara bertahap. *untuk penggunaan susu bubuk bila ga ada bisa di ganti dengan terigu. *pastikan simpan donat dalam wadah kedap udara agar donat tidak kena angin, karna se empuk apapun donat kalau dibiarkan kena angin donat akan cepat mengering. #PejuangGoldenBatikApron #week3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang):

  1. 250 gr tepung terigu protein sedang (segitiga biru)
  2. 1 sachet (27 gr) susu bubuk full cream
  3. 30 gr gula pasir
  4. 5 gr ragi (fermipan)
  5. 1 sdt vanilli bubuk
  6. 2 butir kuning telur
  7. 120-130 susu cair dingin
  8. 35 gr margarin
  9. 1 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang)

  1. Dalam wadah campur jadi satu terigu+susu bubuk+gula pasir ragi instan aduk rata lalu masukkan kuning telur dan susu cair secara bertahap sambil di ule ni/mixer hingga adonan setengah kalis.
  2. Setelah adonan setengah kalis masukkan margarin+garam lalu uleni/mixer kembali hingga adonan kalis elastis. *bila adonan ditarik perlahan2 akan membentuk lembaran tipis dan transparan tanpa putus dan robek.
  3. Timbang adonan @40gr lalu bulatkan, setelah semua selesai tutup adonan dengan kain. Istirahatkan adonan selama 25-30 menit hingga adonan mengembang.
  4. Setelah adonan mengembang, kempiskandan pipihkan adonan satu persatu dengan cara di rolling/tepuk dengan telapak tangan secara perlahan lalu lubangi tengah adonan dengan tutup botol/spuit. jika ingin buat bomboloni cukup di pipihkan saja. Lakukan hingga adonan habis lalu tutup kembali adonan dengan kain. Diamkan kembali 30-45 menit atau sampai mengembang 2x lipat.
  5. Panaskan wajan yang sudah berisi , panaskan minyak dengan api kecil saja. Goreng donat hingga kuning kecoklatan dengan sekali balik, angkat dan tiriskan.
  6. Setelah semua donat matang dan dingin segera beri toping sesuai selera bila ingin diberi toping. Simpan donat dalam wadah kedap udara.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Donat Empuk (Tepung Segitiga/protein sedang) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

  • Share