Resep Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹)

  • Share

Anda sedang mencari inspirasi resep Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹) enak di , karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga tubuh kita. Anda bisa membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹) memakai 17 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : @vitajaurina Sebenarnya tadi ga sengaja bikin vla lemon ini,dari pagi udah bikin bomboloni nya,setelah masakยฒ buat makan siang baru ngelanjut mau bikin vla nya,rencana awal mau bikin vla coklat,terus aku WA mbak cantik Vita yang punya banyak aneka resep vla ๐Ÿ˜‚ tibaยฒ mati lampu yang artinya mati pula -ku,padahal baru dibalas "tunggu ya" sama mbak Vita ๐Ÿคญ (disini sering banget mati lampu,terus lama berjamยฒ) ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜… dah nanggung banget rasanya kepingin makan bomboloni isi vla, keburu sore kalau nunggu lampu nya hidup akhirnya bukaยฒ galeri hp,kebetulan beberapa hari yang lalu sempat resep mbak Vita ini,langsung berubah haluan mau bikin ini aja,lanjut cek bahanยฒ yang Alhamdulillah lengkap,akhirnya langsung eksekusi.. Daaaan ternyata rasanya ueeenak banget,manisnya pas,wangi lemonnya semeriwing bangetโ€ฆsuuuukaaaaaa banget ๐Ÿ˜‹ ga nyesel cobain iniโ€ฆmakasih banyakยฒ ya mbak,selalu mau direcokin terus di WA nya ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜ #CookpadCommunity_Palembang #PejuangGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹):

  1. Lemon Custard :
  2. 1 butir telur
  3. 2 butir kuning telur
  4. 60 gr gula pasir
  5. 25 gr tepung maizena
  6. 300 gr susu cair
  7. 120 gr cream cheese, suhu ruang
  8. 20 gr air lemon
  9. Secukupnya parutan kulit lemon dari 1 bh lemon
  10. Bahan Dough :
  11. 500 gr tepung terigu protein sedang
  12. 60 gr gula pasir
  13. 8 gr ragi
  14. 15 gr susu bubuk full cream
  15. 320 gr cairan (dari 2 kuning telur + susu cair, aduk rata)
  16. 60 gr margarin/butter
  17. 5 gr garam

Langkah-langkah untuk membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹)

  1. Bahan Lemon Custard : โ€“ Didalam wadah bersih, campur telur utuh, kuning telur, tepung maizena dan sebagian dari gula pasir. Aduk rata. Lalu tuang sebagian dari susu cair, aduk rata. Sisihkan โ€“ Didalam panci, masukkan cream cheese, sisa gula pasir dan sisa susu cair. Nyalakan api kecil saja, aduk rata sampai cream cheese meleleh saja (tidak perlu mendidih).
  2. Tuang sedikit-sedikit kedalam adonan telur, aduk rata. Masukkan perasaan lemon, Aduk rata.
  3. Kembalikan cairan kedalam panci. Lalu masak diatas api sedang sampai adonan custard mengetal. Masukkan parutan kulit lemon, aduk rata. Matikan api. Adukยฒ terus hingga uap panasnya hilang, lalu masukkan kedalam segitiga. Sisihkan
  4. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir dan susu bubuk didalam wadah kering. Lalu tuangkan cairan susu dan kuning telur. Aduk rata dengan garpu. โ€“ Begitu bergumpal. Ulen kira-kira 5 menit sampai adonan tercampur rata dan kalis (tidak menempel pada wadah). Disini aku ulen menggunakan tangan dulu. Konsistensi adonan lembut dan terkesan lengket namun JANGAN tambahkan tepung. Jika dirasa kurang lembut, boleh tambahkan lagi susu cair. Masukkan mentega dan garam.
  5. Uleni kembali adonan, jika menggunakan mikser, gunakan kecepatan sedang saja ya. Mikser adonan sampai adonan kalis serta elastis. Ambil sedikit adonan lalu rentangkan tipis, jika transparan dan tidak mudah robek dan mulus, stop mengadon. โ€“ Bagi adonan menjadi 18 bagian (@52gr), atau sesuai selera ya. Jika 40gr maka kemungkinan dapat 22-23 buah. Bulatkan adonan, lalu tutup dengan plastic wrap atau kain serbet. Diamkan selama 15 menit.
  6. Setelah 15mnt, ambil 1 adonan. Taburkan tipis tepung atau bisa juga celupkan adonan kedalam tepung supaya tdk lengket. Pipihkan adonan dgn rolling pin atau dgn telapak tangan (ditepuk-tepuk). Letakkan adonan diatas kertas roti yg tlh dipotongยฒ. Ini tujuannya supaya gampang mengangkat adonan pd saat mau digoreng tanpa menyentuh adonan yg telah mengembang. Namun ini opsional ya. Ini supaya rapih aja ๐Ÿ˜Š.
  7. Diamkan adonan selama 30mnt atau jika adonan ditekan dgn ujung jari dan membalnya agak lama. (jika membalnya terlalu cepat, adonan belum siap tuk di goreng) โ€“ Goreng donat kedalam minyak yg banyak dan hangat diatas api sedang cenderung kecil. Balikkan donat jika disisi lain telah kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan
  8. Celupkan donat kedalam gula donat lalu lubangi donat dgn menggunakan pisau, lalu semprot lemon custardnya. Sajikan selagi hangat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Lemon Custard Bomboloni (1x proofing,Empuk ๐Ÿ˜‹) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

  • Share