Apa Saja Makanan Buaya? Bisa Telan 3 Kg Daging Per Hari Termasuk Manusia

  • Share
Apa Saja Makanan Buaya? Bisa Telan 3 Kg Daging Per Hari Termasuk Manusia

WMOTION.CO.ID – Buaya adalah karnivora pemakan daging. Akan tetapi, apakah buaya termasuk makhluk yang pilih-pilih makanan? Buaya merupakan reptil yang dapat hidup di air tawar dan air asin. Di dalam perairan ini tentunya ada banyak sumber makanan. Lantas apa saja makanan buaya di habitatnya? 

Buaya yang hidup di alam liar umumnya akan memakan hewan spesies lain yang lewat di depannya, seperti mamalia kecil, burung, ikan, serangga, katak, spesies reptil lainnya, dan krustasea. Semakin besar ukuran buaya, maka akan semakin besar pula kebutuhan makannya.  

Berikut daftar makanan buaya di alam liar

1. Ikan
2. Burung
3.
4. Katak
5. Ular
6. Babi
7. Rusa kutub
8. Hiu
9. Krustasea seperti kepiting
10. Rusa atau mamalia berkuku kecil lainnya
11. Bayi gajah atau badak

Baca Juga:
Ambu Anne Disindir Air Mata Buaya, Nangis Bukan Karena Kang Dedi Mulyadi Tapi Sebab Hal Ini

Sedangkan buaya di penangkaran, seperti di kebun binatang atau akuarium, makan makanan yang berbeda dari buaya liar.

apa, makanan buaya tetaplah yang  berbasis daging. Buaya di penangkaran atau kebun binatang umumnya akan diberi makanan sebagai berikut: 

1. Tikus
2. mentah
3. Daging mentah
4. Ikan

Baik itu di penangkaran atau di alam liar, buaya adalah pemakan yang sangat oportunistik, dan mereka juga nyaman memakan hewan atau bangkai yang mati.

Berapa banyak yang dimakan buaya?

Baca Juga:
Serangan Buaya Tewaskan di Tulang Bawang

Seekor buaya makan rata-rata 1-3 kg daging per hari, atau sekitar 5 persen dari berat badannya per minggu.  Namun, itu tergantung pada ukuran keseluruhan buaya dan jumlah makanan yang tersedia bagi mereka. Seekor buaya dengan banyak mangsa di dekatnya dapat makan lebih dari 3 kg daging dalam sehari. 

Menurut Journal of Herpetology, buaya remaja perlu makan setidaknya 4 persen dari berat badannya setiap minggu tergantung pada ukurannya. Sementara, buaya dalam penangkaran umumnya perlu makan setidaknya empat kali lipat dari jumlah itu.

Apakah buaya bagi manusia?

Ya, buaya memang bisa berbahaya bagi manusia. Ini karena mereka adalah oportunistik, yang mampu memakan apa pun yang lebih kecil dari mereka.

Semakin besar buaya, semakin besar kemungkinannya untuk menjadi bahaya bagi kita sebagai manusia karena mereka bisa saja memakan manusia.

Banyak ahli setuju bahwa menghindari spesies buaya besar adalah langkah terbaik kita sebagai manusia. Rahang buaya yang kuat hampir tidak mungkin untuk melarikan diri, dan karnivora besar ini dapat bergerak sangat cepat.

Demikian itu informasi berkaitan apa saja makanan buaya. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

#Apa #Saja #Makanan #Buaya #Bisa #Telan #Daging #Hari #Termasuk #Manusia

Sumber : www.suara.com

  • Share