Bangun Jejaring Jadi Tantangan Perempuan Pendiri Startup

  • Share
Google News Initiative Kembangkan Startup Media Digital di Indonesia

WMOTION.CO.ID – Beberapa wanita dari dunia () teknologi membagikan tantangan untuk membangun usaha di dunia industri yang didominasi oleh founder laki-laki. Salah satu yang utama adalah sukarnya membangun jejaring di tengah industri yang didominasi lelaki.

Hal ini disampaikan Co-Founder & COO Tessa Wijaya. Ia bercerita pernah sukar membangun jaringan untuk mengembangkan bisnisnya.

Tessa berpendapat, memiliki network sangat penting dalam membantu para founder untuk memahami hal sederhana seperti membuat deck, pitching, penggalangan dana, atau memperluas .

Dia menemukan bahwa founder perempuan terkadang merasa tertinggal dibandingkan dengan founder laki-laki, karena tidak ada platform untuk memfasilitasi founder perempuan untuk berbagi dan belajar dari satu sama lain.

Baca Juga:
Astra: Kompetisi Astranauts 2022 Picu Kolaborasi Startup dengan Mahasiswa

Tessa juga menyebutkan, mendapatkan bimbingan juga menjadi tantangan lain, karena hanya ada beberapa pemimpin wanita yang dapat dihubungi untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan penggalangan dana, pitch deck, dan valuasi perusahaan.

network sangat penting. Tanpa dukungan sesama wanita, saya tidak dapat saling berkolaborasi dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnis,” kata Tessa seperti diwartakan Antara, Selasa (23/8/2022).

Studi tahun 2020 dari Boston Consulting Group (BCG) menunjukkan bahwa industri teknologi cukup beragam, dengan 32 persen perempuan dari sektor teknologi. Namun, hanya sebagian kecil startup di kawasan ini yang memiliki founder perempuan.

Selain itu, Findexable juga mengungkapkan bahwa hanya satu persen founder perempuan di industri tekfin yang menerima pendanaan secara global pada tahun 2021.

Venture Capital Business Development Manager Amazon Web Services (AWS), Nicha Suebwonglee, memiliki pengalaman serupa ketika menjadi Co-Founder di startup OTT yang berbasis di Bangkok beberapa tahun lalu.

Baca Juga:
Start-up Bertahan dari Badai Krisis

Ia merasa sangat sulit untuk mendapatkan dukungan, namun situasi tersebut tidak membuatnya merasa rendah diri. Dari pengalamannya, dia belajar bahwa sebagai seorang wanita, ada kalanya kita merasa ragu untuk mengutarakan pikiran, yang mengakibatkan kerugian.

#Bangun #Jejaring #Jadi #Tantangan #Perempuan #Pendiri #Startup

Sumber : www.suara.com

  • Share