Dana Klaim Kehandalan Sistem Keamanannya di atas Rata-rata

  • Share
Dana Klaim Kehandalan Sistem Keamanannya di atas Rata-rata

WMOTION.CO.ID – Platform layanan dompet digital, , membeberkan kekuatan sistem keamanannya untuk menjaga kepercayaan pengguna di Tanah Air agar bisa lebih merasa aman saat menggunakan layanan keuangan di ruang digital.

Hal itu untuk meruntuhkan keraguan masyarakat terhadap masalah privasi dan , berkaca dari masih tingginya keraguan masyarakat untuk kedua hal tersebut akibat banyaknya kasus yang terjadi dalam beberapa waktu ke belakang.

Dalam laporan We Are Social 2022, diketahui 36,4 persen masyarakat mengaku masih khawatir jika layanan di ruang digital bisa menyalahgunakan data pribadi mereka.

“Untuk mengantisipasi beragam serangan dan kejahatan agar terbangun kepercayaan masyarakat terhadap keuangan digital, Dana telah mengimplementasikan beragam upaya. Di antaranya, melakukan identifikasi secara berkala di berbagai aspek, mulai dari program kampanye yang sedang berjalan, produk, media sosial, maupun mitra untuk memitigasi risiko kemungkinan terjadinya ancaman,” kata VP Information Security Dana Andri Purnomo dalam acara “Dana Tech Talk” yang berlangsung daring, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga:
Jumlah Pengguna DANA Tembus 100 Juta

Tercatat saat ini Dana telah digunakan oleh lebih dari 100 juta pengguna, 5.000 gerai elektronik, dengan rata-rata transaksi mencapai 7 juta transaksi per hari, yang melibatkan lebih dari 8.500 sistem TI, 200 aplikasi dan 300 application programming interface (API).

Dengan besarnya tanggung jawab tersebut, maka Dana berkomitmen untuk dapat terus meningkatkan keamanan layanannya sehingga pelanggan tetap aman.

Hal itu dapat dibuktikan dengan Security Score Card untuk mengukur postur keamanan domain dari penilai independen, dan saat ini telah mencapai peringkat teratas dengan nilai A. Postur keamanan domain diukur dari 10 komponen keamanan dan skor Dana saat ini berada di atas rata-rata industri global. Tentunya itu adalah hal baik mengingat di 2021, DANA mengawali Security Score Card dengan nilai B.

Dana menerapkan konsep Manajemen Risiko terintegrasi yang didukung dengan teknologi Risk Engine yang menggunakan data perangkat hingga karakteristik transaksi pengguna untuk memitigasi risiko terkait masalah keamanan.

Selain itu, Dana senantiasa juga membangun risk aware culture untuk seluruh karyawan guna memahami dan mengenai berbagai jenis risiko untuk dapat bersama-sama menjaga dan memitigasi risiko perusahaan.

Baca Juga:
4 Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM, Gak Perlu Repot Antri

Sementara dari sisi keamanan pengguna, Dana juga menerapkan kebijakan zero data sharing, penggunaan teknologi keamanan mulai dari PIN hingga teknologi verifikasi wajah yang dikembangkan sendiri yaitu Dana VIZ (Visual Identity Authorization), dan mengimplementasikan standar ISO dan PCI-DSS secara berkala.

#Dana #Klaim #Kehandalan #Sistem #Keamanannya #atas #Ratarata

Sumber : www.suara.com

  • Share