Dikabarkan PHK 11.000 Karyawan, Google Justru Klaim Ubah Strategi Perusahaan

  • Share
CEO Google Sundar pichai. [AFP]

WMOTION.CO.ID – Google dikabarkan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja () kepada 11.000 karyawannya, seiring dengan beberapa perusahaan raksasa teknologi mengumumkan langkah ini.

Dilansir laman Computer , Kamis (24/11/), Google belum mengumumkan PHK dan menolak mengomentari secara spesifik dari kabar tersebut.

Google justru mempertahankan sistem Googler Review and Development (GRAD) yang diklaim untuk membantu pengembangan karyawan.

“Awal tahun ini, kami meluncurkan Googler Review and Development (GRAD) untuk membantu pengembangan, pembinaan, pembelajaran, dan pengembangan karier karyawan sepanjang tahun. Sistem baru membantu membangun ekspektasi yang jelas dan memberikan umpan balik kepada karyawan,” menurut pernyataan dari Google.

Baca Juga:
Mau PHK 6.000 Karyawan Dalam 3 Tahun ke Depan

Dari sistem GRAD, para manajer telah diberitahu untuk mengalokasikan berkinerja rendah kepada setidaknya 6 persen karyawan dibandingkan dengan 2 persen dalam proses tinjauan kinerja lama.

Jumlah total karyawan penuh waktu Google, pada akhir kuartal September, mencapai 186.779, 24,5 persen dari tahun ke tahun. Enam persen dari jumlah karyawan Google saat ini adalah sekitar 11.000 orang.

CEO Google Sundar pichai. [AFP]

GRAD diumumkan pada Mei lalu oleh CEO Sundar Pichai setelah hampir 47 persen karyawannya memberikan suara menentang proses peninjauan ( karyawan) lama yang berlangsung dua kali setahun.

Di bawah GRAD, seorang manajer diharapkan mengadakan pertemuan “check-in dukungan” sebelum memberikan peringkat kinerja rendah atau peringkat di bawah sebagai “dampak signifikan” (karyawan berkinerja rendah), menurut sumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Sumber tersebut juga menuturkan bahwa karyawan diberikan kesempatan melakukan penyesuaian dalam pekerjaan mereka untuk mencapai target.

Baca Juga:
Google Beri Peringatan Keras, Jelang Akhir Tahun Akan Banyak , Perhatikan Modusnya

Selain itu, sebagian besar staf di perusahaan diharapkan memiliki peringkat di atas rata-rata atau setara dengan “signifikan dampak,” berdasarkan skala peringkat lima poin.

#Dikabarkan #PHK #Karyawan #Google #Justru #Klaim #Ubah #Strategi #Perusahaan

Sumber : www.suara.com

  • Share