Dukung Transformasi Digital, APJII Dorong Penerapan Protokol IPv6

  • Share
Internet Berkualitas Diperlukan di Tengah Pandemi

WMOTION.CO.ID – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mendukung yang sedang digalakkan melalui penerapan internet protocol versi 6 atau .

“Untuk mendukung transformasi digital yang tengah digalakkan pemerintahan Presiden , APJII mendukung implementasi penggunaan IPv6,” kata Muhammad Arif melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Ia mengatakan saat ini sebagian besar perangkat elektronik yang diproduksi dapat terhubung dengan internet. Oleh karena itu, kebutuhan Internet Protocol Address akan terus meningkat.

Arif menyampaikan saat ini penggunaan perangkat telekomunikasi dengan dual mode IPv4 dan IPv6 masih terbilang rendah. Perusahaan internet service provider (ISP) maupun penyedia perangkat yang digunakan masyarakat masih banyak menggunakan singel mode IPv4.

Baca Juga:
Dukung Digitalisasi Indonesia Jilid 2, IDcloudHost Siapkan Infrastruktur Internet

Data yang dimiliki APJII menyebutkan bahwa hingga September 2022 pertumbuhan yang sudah menggunakan IPv6 hanya sebesar 14 persen. Padahal, IPv6 sudah mulai diterapkan di Indonesia sejak 2006.

Dari survei yang dilakukan APJII tahun 2021 ditemukan kendala utama dalam mengimplementasikan IPv6 adalah keterbatasan sumber daya manusia, infrastruktur, dan biaya.

Beberapa tahun lalu harga perangkat telekomunikasi yang menggunakan dual mode IPv4 dan IPv6 memang masih mahal. Namun, kini perangkat telekomunikasi yang menggunakan dual mode sudah mulai terjangkau.

“Implementasi dual mode IPv4 dan IPv6 di Indonesia masih mengalami tantangan,” ujar dia.

APJII memaparkan keuntungan yang didapat masyarakat dan telekomunikasi jika menggunakan IPv6 di antaranya membantu mengurangi overhead pemrosesan paket data dan membuat koneksi lebih cepat.

Baca Juga:
Daftar , dari Paket Freedom hingga Yellow

“Itu karena tidak memiliki Network Address Translation (NAT) maka IPv6 lebih cepat daripada IPv4,” jelas dia.

#Dukung #Transformasi #Digital #APJII #Dorong #Penerapan #Protokol #IPv6

Sumber : www.suara.com

  • Share