Enablr Luncurkan Echogroup, Agar UMKM Bisa Berjualan Secara Kolektif

  • Share
Google News Initiative Kembangkan Startup Media Digital di Indonesia

WMOTION.CO.ID – Start-up penyedia solusi e-commerce Enablr meluncurkan echogroup.id, sebuah marketplace berbasis website yang memudahkan berjualan secara kolektif kepada konsumen dalam mendapatkan berbagai produk kebutuhan harian dengan harga termurah.

Founder dan CEO Enablr Yohan Christian mengatakan, pengalaman berbelanja yang dihadirkan Echo menganut prinsip social commerce di mana konsumen bisa berbelanja bersama-sama dengan relasi, kerabat atau keluarga terdekat untuk mendapatkan banyak manfaat, seperti diskon dan tentunya harga yang jauh lebih murah.

“Dilihat dari kultur masyarakat yang suka melakukan kegiatan secara bersama-sama, maka kita menciptakan ekosistem berbelanja seperti di Echo. Solusi belanja online secara kolektif yang dapat memberikan banyak menarik, baik bagi penjual dan konsumen,” ujar Yohan dalam keterangan di Jakarta, Senin (22/8/2022).

Yohan menyampaikan, marketplace tersebut merupakan jawaban atas tantangan yang dihadapi para pebisnis UMKM dalam melakukan adaptasi dengan perubahan yang kian dinamis.

Baca Juga:
Bantu UMKM Naik Kelas, Jawara Sandi Berikan 17 Booth Gerobak Gratis di Bekasi

Ia melihat bahwa dengan adanya pandemi ditambah lagi dengan perkembangan teknologi, cara-cara berbelanja konsumen dan pola konsumsi itu semakin berkembang.

“Dengan perubahan ini pun kita melihat bahwa para pebisnis juga perlu semakin strategis dan kreatif untuk menentukan di mana akan menjual barang dagangannya dan seperti apa pemasaran yang akan dijalankan. Atas dasar itulah kita melihat jikalau konsep community buying ini memiliki potensi keberhasilan yang amat tinggi jika diterapkan di Indonesia,” kata Yohan.

Mengenai potensi jangkauan , Yohan juga melihat Echo mampu menjangkau konsumen di kota-kota kecil. Terkait dengan kultur kolektif, menurut Yohan animonya masih lebih kental di daerah-daerah sub-urban.

“Hal ini juga menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik dari segi konsumen maupun juga supplier atau pebisnis. Konsumen bisa belanja bareng-bareng, mungkin bisa ajak teman, tetangga, bahkan komunitasnya untuk belanja bareng supaya dapat harga murah dalam kuantitas besar, sementara untuk para pebisnis juga bisa menjangkau market di daerah tersebut tanpa effort yang terlalu besar,” ujar Yohan.

Co-founder Enablr Sandi Wijono juga menambahkan, kehadiran Echo ditujukan untuk membangun ekosistem di mana para pelaku UMKM dan bisnis lainnya mampu memiliki daya saing dan mengubah model bisnis yang saat ini tergolong supply-driven menjadi demand-driven.

Baca Juga:
Pemkot Bukittinggi Siapkan Cagar Bekas Lapas Jadi Sentra UMKM

Echo juga diharapkan mampu membawa dampak positif bagi para pebisnis untuk memproduksi barang dengan nilai ekonomi yang kompetitif dan berdampak positif bagi para pembeli.

#Enablr #Luncurkan #Echogroup #Agar #UMKM #Bisa #Berjualan #Secara #Kolektif

Sumber : www.suara.com

  • Share