Gempa Aceh M 5,9 Dipicu Aktivitas Lempeng Megathrust

  • Share
Gempa Aceh M 5,9 Dipicu Aktivitas Lempeng Megathrust

WMOTION.CO.ID – Gempa bermagnitudo 5,9 mengguncang Aceh pada Sabtu malam (5/4/2022). ini diduga dipicu oleh aktivitas lempeng, demikian dikatakan , Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng,” terang Daryono.

Ia melanjutkan bahwa berdasarkan analisis mekanisme sumber, gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault, ciri khas gempa megathrust.

Gempa Aceh ini dirasakan di Aceh Jaya dan Meulaboh dengan skala intensitas V MMI, di Banda Aceh dan Aceh Besar dengan skala intensitas IV MMI, dan Pidie dengan skala intensitas II-III MMI.

Baca Juga:
Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Aceh Jaya

Episenter terletak pada koordinat 4,56 derajat Lintang Utara, 94,84 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 110 Km arah Barat Kota Calang, Aceh pada kedalaman 54 km.

Meski berpusat di laut, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu di tempat terpisah Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Jaya memastikan tidak ada dampak kerusakan akibat gempa 5,9 itu.

“Alhamdulillah, sejauh ini belum ada laporan kerusakan yang kita terima,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Aceh Jaya Fajri seperti dilansir dari Antara.

Ia menjelaskan saat gempa bumi terjadi, masyarakat di daerah tersebut tidak panik dan tetap tenang berada di rumah masing-masing.

Baca Juga:
: Sebagian Wilayah Sumut Berpotensi Hujan Lebat, Waspadai Banjir dan Longsor

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik, serta tidak mempercayai informasi palsu yang kemungkinan beredar di masyarakat, setelah terjadinya gempa bumi di Aceh Jaya.

#Gempa #Aceh #Dipicu #Aktivitas #Lempeng #Megathrust

Sumber : www.suara.com

  • Share