Google Turut Keluarkan Peringatan Gempa Cianjur

  • Share
Google Turut Keluarkan Peringatan Gempa Cianjur

WMOTION.CO.ID – Insiden gempa magnitudo 5.7 yang terjadi di Cianjur, Jakarta Barat, pun ikut dideteksi . Berdasarkan pantauan WMOTION.CO.ID di situs Google, pengguna akan bisa melihat gempa yang baru saja terjadi di Cianjur.

Hal ini bisa dilihat ketika pengguna mengetik kata gempa di mesin pencari Google (Google.com). Deskripsi akan menampilkan besaran magnitudo gempa, lokasi, hingga asal gempa.

“Magnitude 5.4 earthquake. 5 km from Cianjur Regency, West Java · 13:21,” tulis Google dalam deskripsi gempa tersebut.

Hal ini disebabkan karena Google memiliki bernama Sistem Peringatan

Baca Juga:
Terasa hingga Jakarta, Gempa Sukabumi Dipicu

“Setelah terjadi gempa bumi di daerah Anda, Anda dapat menelusuri Gempa bumi di [kota atau wilayah Anda] atau “Gempa bumi di dekat saya” di Google . Dalam kasus tertentu, Google mungkin menampilkan kartu hasil penelusuran Bumi,” kata Google dalam laman bantuannya.

Peringatan berbentuk kartu hasil penelusuran ini akan memberitahu pengguna soal apakah ada laporan tentang guncangan di daerah mereka dan langkah-langkah yang bisa dilakukan setelah terjadi gempa bumi.

Google juga menjelaskan cara mereka memperingatkan pengguna terkait gempa bumi di sekitar lokasinya.

“Ponsel Android dapat menerima peringatan gempa bumi di sekitar yang berkekuatan 4,5 Skala Richter atau lebih. Ponsel menggunakan perkiraan lokasi Anda untuk menerima info tentang kekuatan dan jarak gempa dari tempat Anda berada,” sambung mereka.

Adapun sumber data Sistem Peringatan Gempa Bumi Google ini menggunakan data sensor dan perangkat dari ponsel Android yang Akurasi Lokasi Google di area tempat getaran dari gempa bumi di sekitar lokasi.

Baca Juga:
Dirasakan Warga , Jakarta dan Bekasi Gempa 5,6 M Melanda Cianjur, BMKG: Kedalaman 10 Km, Tidak Berpotensi Tsunami

Jika pengguna tidak mau menyerahkan data lokasinya untuk mendeteksi gempa, mereka pun bisa matikan fitur Akurasi Lokasi Google.

#Google #Turut #Keluarkan #Peringatan #Gempa #Cianjur

Sumber : www.suara.com

  • Share