Hadapi Cuaca Ekstrem, Perlu Bangun Jejaring dengan Pemangku Kepentingan dan Pakar

  • Share
Hadapi Cuaca Ekstrem, Perlu Bangun Jejaring dengan Pemangku Kepentingan dan Pakar

WMOTION.CO.ID – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () Dwikorita Karnawati menyebut perlunya jejaring dengan para pemangku kepentingan hingga pakar untuk memperkuat sinergi dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Dwikorita dalam Seminar Ilmiah: “Kejadian Ekstrem dan ” daring di , Selasa (23/8/) menyebut bagi BMKG, fenomena perubahan iklim yang berdampak pada kondisi ekstrem, mengakibatkan lompatan kejadian ekstrem.

BMKG mencatat telah terjadi 70 kali kejadian ekstrem dalam 2-3 tahun terakhir akibat perubahan iklim. Selain itu, kejadian siklon juga sering terjadi.

Menurut dia, bahwa bekerja secara rutin dan sesuai standar operasional prosedur (SOP) tidaklah cukup. BMKG perlu meningkatkan kapasitas, baik daya analitik, big data, peralatan mendeteksi secara dini fenomena alam, maupun memproyeksikan ke depannya.

Baca Juga:
Fenomena Lebat dan Cuaca Ekstrem pada Musim Kemarau? Ini Penjelasan BMKG

“Oleh karena itu kami harus semakin mempererat, semakin memperkuat jaringan, sistem dan sama dengan berbagai pihak, terutama dengan para pakar, pakar atmosfer, pakar iklim di . Alhamdulillah banyak perguruan tinggi yang mendalami hal tersebut,” ujar dia.

Ia menjelaskan fenomena cuaca ekstrem adalah hal yang luar biasa karena kejadiannya bisa dengan cepat.

Untuk itu, BMKG harus lebih sering untuk menjalin antar-data dengan para pakar, salah satunya melalui seminar ilmiah tersebut, agar terjadi sinergi.

Menurutnya, keberhasilan akan terjadi apabila di saat terjadi cuaca ekstrem, data-data tersebut telah bersinergi, sehingga dapat mencegah terjadinya kastatropik, atau yang berdampak besar.

“Itu adalah tolak ukur kerja kita berhasil. Sehingga meskipun si pemilik data sedang istirahat sedang tidur, tetapi alarm sudah meraung-raung, peringatan ini sudah tersebar sebelum kejadian itu,” kata Dwikorita. [Antara]

Baca Juga:
Awas, Suhu Perkotaan Indonesia Akan Naik 3 Derajat Celcius di Akhir Abad 21

#Hadapi #Cuaca #Ekstrem #Perlu #Bangun #Jejaring #dengan #Pemangku #Kepentingan #dan #Pakar

Sumber : www.suara.com

  • Share