Jakarta Kini Bisa Banjir Tanpa Air Kiriman dari Bogor

  • Share

WMOTION.CO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mencatat hujan lokal yang terjadi di DKI Jakarta dapat memicu banjir. Dengan kata lain, banjir di Jakarta bisa terjadi tanpa ada kiriman air dari daerah hulu seperti Bogor.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti di Jakarta, Senin (10/10/2022) menjelaskan bahwa banjir di Jakarta kini bukanlah banjir yang sifatnya tradisional, yang mana masyarakat sering menyebutnya sebagai banjir kiriman.

“Sekarang tidak seperti itu, karena berkaca pada kejadian mulai dari banjir Latuharhary 2013, tanggul jebol. Kemudian yang baru-baru ini tahun 2020, Halim terendam, yang tidak ada hubungannya dengan kondisi hulu,” ujar Abdul.

Sehingga, kondisi-kondisi hujan lokal di Jakarta saat ini bisa berpengaruh pada banjir, dengan intensitas hujan tinggi, yang menciptakan genangan-genangan yang cukup signifikan secara lokal.

Baca Juga:
BPBD DKI: Banjir Jakarta di 68 RT Sudah Surut Senin Petang

“Jadi tanpa ada peningkatan debit air dari hulu pun, meskipun saat ini yang terjadi di sepanjang Ciliwung hari ini adalah banjir kiriman, tetapi yang sebelumnya itu lebih banyak disebabkan oleh hujan lokal,” ujar dia.

Abdul mengatakan perlunya melakukan revolusi drainase atau infrastruktur keairan di saat ini yang mana Jakarta merupakan megapolitan dengan urbanisasi, kepadatan penduduk dan dinamika yang cepat.

“Kita memang harus membuat revolusi, atau perubahan yang sangat signifikan, dalam konteks drainase keairan dan infrastruktur keairan kita,” ujar Abdul. [Antara]

#Jakarta #Kini #Bisa #Banjir #Tanpa #Air #Kiriman #dari #Bogor

Sumber : www.suara.com

  • Share