Kabupaten Bogor Paling Sering Diterpa Bencana Hidrometeorologi

  • Share
Kabupaten Bogor Paling Sering Diterpa Bencana Hidrometeorologi

WMOTION.CO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat , Jawa Barat, memiliki frekuensi bencana hidrometeorologi basah tertinggi di Indonesia.

Pelaksana tugas Kepala , Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti di Jakarta, Senin (10/10/) menyebut tahun 2021, bencana hidrometeorologi basah seperti banjir, cuaca ekstrem dan tanah longsor mendominasi kawasan Jabodetabek dan Kabupaten Bogor adalah daerah yang paling sering diterpa bencana tersebut.

“Kabupaten Bogor ini adalah dengan frekuensi kejadian bencana hidrometeorologi paling tinggi di Indonesia, hanya di Jabodetabek,” kata Abdul.

Sementara , secara historis banjir Jabodetabek per kabupaten/kota dalam kurun waktu 2021-2022, Kabupaten Bogor tercatat sebanyak 181 kejadian, dibandingkan Jakarta Timur sebanyak 75 kejadian, dan 57 kejadian.

Baca Juga:
, SPBU Cisarua Puncak Bogor Kebakaran

Abdul mengatakan frekuensi kejadian banjir di Kabupaten Bogor dikatakan luar biasa, lebih dari dua kali lipat dari kabupaten/kota lainnya.

“Ini menjadi perhatian kita untuk melihat kembali bagaimana bentang lahan kita saat ini, karena pastinya kalau kita berbicara hidrometeorologi basah tidak lepas dari daya dukung, daya tampung ,” ujar Abdul.

Selain itu, secara historis korban jiwa akibat bencana hidrometeorologi basah di Jabodetabek tercatat paling tinggi di tahun 2020, yakni sebanyak 65 jiwa.

“Karena eskalasi banjir sebenarnya tidak terlalu banyak cakupan wilayahnya, tetapi tinggi airnya naik dengan cepat dan cukup signifikan sehingga banyak yang terjebak atau terkena sengatan listrik dan lain-lain,” ujar dia. [Antara]

Baca Juga:
BNPB: Jakarta Kini Bisa Banjir Tanpa Kiriman dari Bogor

#Kabupaten #Bogor #Paling #Sering #Diterpa #Bencana #Hidrometeorologi

Sumber : www.suara.com

  • Share