Kominfo Dukung Program Satu Data Indonesia dengan Infrastruktur

  • Share
Kominfo Dukung Program Satu Data Indonesia dengan Infrastruktur

WMOTION.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen terus mendukung Satu Data Indonesia dengan menyiapkan infrastruktur dan aturan yang dibutuhkan.

“Saya ingin mengingatkan bahwa pembangunan infrastruktur data akan dilakukan untuk konsolidasi infrastruktur data yang saat ini tersebar di seluruh Indonesia,” kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat acara virtual Bincang-Bincang Registrasi Sosial , Senin (10/10/).

Kementerian Kominfo bertugas memberikan dukungan terhadap Satu Data Indonesia dalam tiga aspek, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis .

Ketiga aspek itu adalah pembangunan infrastruktur data, pengembangan digital yang terharmonisasi dan penyiapan peraturan yang mendukung praktik Satu Data Indonesia dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik secara menyeluruh.

Baca Juga:
Menkominfo: Bangun Startup yang Tahan Hadapi Dinamika Global

Pemerintah melalui Kementerian Kominfo sedang membangun Pusat Data Nasional di empat lokasi, yaitu di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi; Batam; dan Ibu Kota Negara Nusantara.

Dua diantara Pusat Data Nasional itu ditargetkan bisa beroperasi pada 2024. PDN dibuat agar pemerintah memiliki Satu Data Indonesia yang dapat digunakan berbagai kementerian dan lembaga.

Kondisi saat ini, menurut sang menteri, data tersimpan pada pusat data atau peladen (server) milik masing-masing kementerian dan lembaga.

“Jangan ada saat kita membangun infrastruktur data, (pembangunan itu) untuk mendorong cepatnya pengambilan keputusan, akurasi data dalam pengambilan keputusan dan efisiensi belanja nasional,” kata Plate.

Saat ini pemerintah menggunakan Pusat Data Nasional sementara sambil menanti PDN selesai. Plate mengatakan salah satu contoh penggunaan PDN sementara adalah interoptabilitas data untuk penanganan .

Baca Juga:
STB Gratis di Jabodetabek Terus Jalan Meski Ditunda

“Tanpa data, (penanganan pandemi) akan sulit,” kata Plate.

#Kominfo #Dukung #Program #Satu #Data #Indonesia #dengan #Infrastruktur

Sumber : www.suara.com

  • Share