KPU Bantah Databasenya Jadi Sumber Kebocoran Data 150 Juta Penduduk

  • Share
KPU Siapkan Langkah Preventif Jaga Keamanan Siber Sipol

WMOTION.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum () buka suara soal dugaan kebocoran 150 juta penduduk RI yang dibocorkan di forum breached.io oleh hacker bernama Bjorka.

Kadiv Data dan Informasi KPU, menyatakan pihaknya telah melakukan pengecekan isi data di tersebut. Hasilnya, ia membantah kalau data itu bersumber dari database KPU.

“Sehubungan dengan beredarnya informasi tentang data yang kabarnya diperjualbelikan di publik. KPU sudah melakukan pengecekan terhadap setiap isi dari elemen data di forum underground tersebut, dan menyatakan bahwa data tersebut bukan bersumber dari KPU,” kata Betty dalam keterangan tertulis yang diterima WMOTION.CO.ID, Rabu (7/9/).

Untuk menindaklanjuti itu, Betty menyebut KPU akan bekerja sama dengan Kepolisian RI, khususnya Siber Polri, demi mengusut pelaku.

Baca Juga:
Tanggapi Dugaan Kebocoran Data 150 Juta Penduduk, Menkominfo: Tanya BSSN

“Pengusutan dan penelusuran dilakukan baik dari sisi penjual ataupun orang yang dengan sengaja membuat seolah-olah merupakan data pemilih 2019,” lantang dia.

Lebih lanjut Betty mengklaim kalau data yang dikelola KPU dijaga dari sisi otentisitas, keamanan, dan kerahasiaannya.

“Data yang dikelola KPU adalah data yang dijaga dari sisi otentisitas, keamanan, dan kerahasiaannya, termasuk dalam hal ini data pemilih,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 150 juta data orang bocor. Insiden ini diduga berasal dari database Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kebocoran data ini disebar oleh Bjorka, hacker yang juga membobol 1,3 miliar nomor beberapa hari lalu. Data ini disebar di situs breached.to pada 6 September 2022 kemarin.

Baca Juga:
KPU Klaim Tidak Ada Kebocoran Data

Deskripsi menuliskan kalau 105 juta data penduduk Indonesia itu memiliki ukuran hingga 20GB, yang diperkecil (compress) menjadi 4GB. Kebocoran data itu terjadi pada September 2022.

#KPU #Bantah #Databasenya #Jadi #Sumber #Kebocoran #Data #Juta #Penduduk

Sumber : www.suara.com

  • Share