Mengenal Metamorfosis Sempurna: Pengertian dan Contohnya

  • Share
Mengenal Metamorfosis Sempurna: Pengertian dan Contohnya

WMOTION.CO.ID – Kupu-kupu dan katak mengalami . metamorfosis sempurna? Kita ketahui dulu dari definisi metamorfosis. proses di mana hewan mengalami perubahan fisik yang ekstrem dan cepat beberapa saat setelah lahir.

Wujud akhir binatang yang mengalami metamorfosis dapat berubah dari bentuk awalnya seperti perubahan jumlah kaki hewan, cara makannya, dan bahkan cara bernapasnya pun ada yang sampai berubah. 

Contoh metamorfosis yang umum diketahui termasuk proses yang dialami oleh sebagian besar serangga, dan transformasi berudu menjadi katak. Hewan-hewan lain ada juga yang mengalami metamorfosis antara lain ikan, moluska, dan banyak jenis hewan laut lainnya. 

Penting untuk diketahui juga bahwa, ada dua jenis metamorfosis, di antaranya: 

Baca Juga:
Metamorfosis Tidak Sempurna dan Hewan-hewan yang Mengalaminya

  • Metamorfosis sempurna
  • Metamorfosis tidak sempurna

Berikut penjelasan dari masing-masing metamorfosis dan contohnya.

1. Metamorfosis Sempurna

Dalam metamorfosis sempurna, hewan mengalami perubahan tubuh dari larva menjadi bentuk dewasanya sangat berbeda. yang paling terkenal adalah kupu-kupu.

Metamorfosis kupu-kupu dimulai dari menjadi ulat pemakan daun seperti cacing dan berubah menjadi makhluk terbang yang minum nektar dengan kerangka luar.

Organisme yang mengalami metamorfosis sempurna disebut “holometabolous,” dari kata Yunani “holo” yang artinya “lengkap” atau “utuh,” dan kata “” yang artinya “perubahan,” dan kata benda “bole” yang artinya “melempar.” Maka jika diartikan “Holometabolous,” berarti “benar-benar berubah,” atau “sepenuhnya berubah.”

Baca Juga:
Mengenal Metamorfosis Nyamuk: dari Telur hingga Menjadi Nyamuk Dewasa

Transformasi ini begitu cepat dan lengkap sehingga ulat harus menjadi kepompong selama berminggu-minggu sementara tubuhnya mengalami perubahan di dalam kepompong.  Ada juga hewan lain yang berubah dari larva menjadi bentuk yang sangat berbeda saat dewasa seperti kumbang, lalat, ngengat, semut, dan lebah.

2. Metamorfosis Tidak Lengkap

Dalam metamorfosis yang tidak sempurna, hanya beberapa bagian tubuh hewan yang berubah selama metamorfosis. Hewan yang mengalami perubahan tubuh saat dewasa disebut “hemimetabolous,” dari kata Yunani “hemi” yang artinya “setengah,” dan “meta,” yang artinya “perubahan,” serta kata “bole” untuk “melempar.” Berdasarkan susunan kata tersebut maka “Hemimetabolous,” berarti “setengah berubah.”

Kecoak, , dan capung adalah contoh hewan yang masuk ke dalam kategori hewan dengan metamorfosis tidak sempurna. Hewan-hewan tersebut menetas dari telur yang wujudnya sangat mirip dengan diri mereka yang dewasa. 

Mereka memang mengalami perubahan saat menjelang dewasa seperti pertumbuhan sayap dan organ reproduks mereka, tetapi mereka tidak mengalami perubahan sepenuhnya seperti yang terjadi pada kupu-kupu dan katak. 

Demikian itu penjelasan tentang metamorfosis sempurna untuk Anda dialihbahasakan seperlunya dari biologydictionary.

Kontributor : Mutaya Saroh

#Mengenal #Metamorfosis #Sempurna #Pengertian #dan #Contohnya

Sumber : www.suara.com

  • Share