Mengenal Sesar Cimandiri, Stuktur Sesar Tertua di Jabar yang Picu Gempa Cianjur

  • Share
Google Turut Keluarkan Peringatan Gempa Cianjur

WMOTION.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa gempa yang terjadi pada Senin (21/11/2022) dipicu oleh aktivitas yang membentang di Jawa Barat.

Gempa 5,6 pada Senin siang sebenarnya berpusat di Sukabumi, tetapi guncangannya terasa kuat dan berdampak besar di Cianjur. Sejumlah bangunan di daerah tersebut rubuh dan ada pula laporan tanah longsor.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar Cimandiri,” terang Kepala Pusat Gempabumi dan BMKG, .

Sesar tertua

Baca Juga:
Daop 1 Jakarta Pastikan Seluruh Perjalanan Aman Termasuk Jurusan Bogor-Sukabumi Pasca Gempa Bumi Cianjur

Sesar Cimandiri, menurut studi BMKG, merupakan satu dari enam struktur regional yang masih aktif di Jawa Barat. Selain Cimandiri, masih ada lima sesar lain di Jabar yakni , Sesar Cipamingkis, Sesar Garsela, Sesar Citarik dan Sesar Lembang.

BMKG menyebut Sesar Cimandiri adalah yang tertua di Jabar jika dibandingkan dengan lima sesar lainnya.

Sementara menurut Pusat Riset Kebencanaan Geologi pada Badan Riset dan Nasional (BRIN), Sesar Cimandiri membentang sepanjang 100 km, mulai dari Padalarang, Barat hingga Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Sesar Cimandiri dibagi menjadi tiga segmen dengan potensi gempa besar bervariasi.

Segmen pertama yakni Cimandiri di daerah Sukabumi dengan potensi gempa 6,7 magnitudo. Lalu segmen kedua yakni Cibeber di Kabupaten Cianjur dengan potensi gempa 6,5 magnitudo, dan segmen Sesar Rajamandala dengan potensi gempa 6,6 magnitudo.

Baca Juga:
Perjalanan KA Sempat Diberhentikan 10 Menit saat Gempa Cianjur

Menurut laporan Stasiun Geofisika Bandung pada Juni 2022, gempa signifikan terbaru di Sesar Cimandiri terjadi pada 10 Maret 2020 dengan Magnitudo 5.1 yang mengguncang Kab. Sukabumi dan sekitarnya dan menimbulkan kerusakan di Kalapanunggal.

#Mengenal #Sesar #Cimandiri #Stuktur #Sesar #Tertua #Jabar #yang #Picu #Gempa #Cianjur

Sumber : www.suara.com

  • Share