Mengenal Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup dan Penjelasannya

  • Share
Mengenal Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup dan Penjelasannya

WMOTION.CO.ID – Penasaran, bagaimana dibentuk? Makhluk hidup adalah struktur biologis yang merespon perubahan atau dalam entitas tersendiri, dan memiliki organisasi biokimia kompleks yang memungkinkan mereka untuk memproses zat dan memanfaatkan energi untuk merespon perubahan di sekitar.

Yuk, simak lebih lengkap penjelasan mengenai yang telah berhasil dirangkum berikut ini!

Apa itu Klasifikasi Makhluk Hidup?

Klasifikasi makhluk hidup adalah suatu untuk memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu. Golongan-golongan ini akan disusun secara runtut sesuai dengan tingkatannya (hierarkinya), yaitu mulai dari yang lebih kecil tingkatannya hingga ke tingkatan yang lebih besar. Ilmu yang mempelajari prinsip dan cara mengelompokkan makhluk hidup ke dalam golongannya adalah taksonomi atau sistematik.

Baca Juga:
10 , Tidak Hanya Makan dan Bereproduksi

Dengan adanya klasifikasi makhluk hidup sendiri, maka kita dapat membedakan ciri-ciri yang mereka miliki, bagaimana mereka tumbuh, cara hidup, cara makan serta berkembang biak, dan masih banyak lagi lainnya. 

Mengapa makhluk hidup yang ada di bumi perlu dikelompokkan? Salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah proses mempelajari makhluk hidup. Selain itu juga untuk mengetahui hubungan kekerabatan makhluk hidup. Dengan mengetahui ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan tingkatan takson, maka kita akan jadi lebih mudah dalam memahami hubungan kekerabatan pada makhluk hidup.

Ragam Klasifikasi Makhluk Hidup

Sistem klasifikasi makhluk hidup, dapat digolongkan menjadi tiga golongan atau kelompok, yaitu sistem alami, sistem buatan dan sistem filogenetik. Berikut ini adalah ulasan selengkapnya:

1. Klasifikasi Sistem Alami

Baca Juga:
Mengenal Makhluk Hidup di , Ulasan Buku Misteri Bawah Laut

Klasifikasi sistem alami adalah terbentuknya suatu kelompok-kelompok makhluk hidup secara alami. Klasifikasi makhluk hidup pada dasarnya berpijak dari adanya persamaan, di mana hal ini dapat kita ketahui dengan mengamati makhluk hidup secara morfologi.

Misalnya, kita mengamati binatang , anjing, sapi, kuda, dan juga harimau, di mana jika kita lihat secara alami, dapat diketahui bahwa kelima binatang itu mempunyai empat kaki, sehingga membentuk suatu kelompok seperti yang dikehendaki alam, yaitu kelompok binatang berkaki empat.

2. Klasifikasi Sistem Buatan

Dibandingkan sistem klasifikasi secara alami, sistem klasifikasi buatan ini lebih baik, sempurna, dan mudah dipahami apabila dibandingkan sistem klasifikasi sebelumnya. Klasifikasi ini pertama kali diperkenalkan oleh Carl Von Linne (1707-1778) yang dikenal dengan nama , yaitu seorang ahli botani berkebangsaan Swedia.

Beliau dinobatkan sebagai “Bapak Taksonomi”. Klasifikasi makhluk hidup menurut Linnaeus berdasarkan persamaan dan perbedaan struktur tubuh makhluk hidup, dengan cara-cara berikut:

  • Mengamati dan meneliti makhluk hidup, yaitu persamaan ciri struktur tubuh luar dan ciri struktur tubuh dalam dari berbagai jenis makhluk hidup. Jika ada yang memiliki ciri struktur tubuh sama atau mirip dijadikan satu kelompok, sedangkan yang memiliki ciri berlainan dikelompokkan tersendiri.
  • Memberikan tertentu pada setiap tingkatan klasifikasi makhluk hidup yang didasarkan pada banyak sedikitnya persamaan ciri pada setiap jenis makhluk hidup yang dikelompokkan.

3. Klasifikasi Sistem Filogenetik

Klasifikasi sistem filogenetik mulai diperkenalkan pada dunia sejak adanya teori evolusi yang berasan dari Darwin dan Lamarck. Sistem filogenetik merupakan suatu sistem klasifikasi makhluk hidup yang berdasarkan pada hubungan kekerabatan yang terjadi pada antarorganisme dan disesuaikan berdasarkan proses evolusi. 

Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup 5 kingdom yang sering digunakan adalah cara pengelompokan yang dikemukakan oleh Robert H Whittaker pada tahun 1969. Robert H Whittaker membagi klasifikasi makhluk hidup menjadi 5 kelompok besar yaitu monera, protista, jamur, tumbuhan, dan .

Demikian, pemaparan mengenai klasifikasi makhluk hidup, tujuan klasifikasi makhluk hidup, ragam klasifikasi makhluk hidup, hingga sistem klasifikasi makhluk hidup yang perlu diketahui. Selamat belajar!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

#Mengenal #Sistem #Klasifikasi #Makhluk #Hidup #dan #Penjelasannya

Sumber : www.suara.com

  • Share