OJK Hapus Ratusan Iklan Jasa Keuangan dari Medsos, Tawarkan Keuntungan Tak Masuk Akal

  • Share
OJK Hapus Ratusan Iklan Jasa Keuangan dari Medsos, Tawarkan Keuntungan Tak Masuk Akal

WMOTION.CO.ID – Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menghapus 244 iklan jasa keuangan yang melanggar peraturan dari hasil pemantauan yang dilakukan terhadap 6684 iklan pada periode 1 Januari 2022 hingga 31 Maret 2022.

Iklan-iklan yang sebagian besar di tersebut biasanya menjanjikan yang tidak masuk akal, demikian dikatakan Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan seperti dilansir dari Antara.

“Kita sudah menutup iklan banyak sekali. Periode 1 Januari hingga 31 Maret 2022 saja itu sekitar 244 iklan yang ditemukan melanggar dari total 6684 iklan,” jelas Friderica saat berbicara dalam acara OJK Virtual Innovation Day 2022 di Jakarta, Senin (10/10/2022).

Friderica menyampaikan berbagai jenis pelanggaran yang dilakukan oleh iklan itu meliputi iklan tidak jelas sebanyak 95,0 persen, iklan menyesatkan sebanyak 3,69 persen, dan iklan tidak akurat sebanyak 0,41 persen.

Baca Juga:
OJK Khawatir Keberadaan Crazy Rich Bisa Rayu Masyarakat Tanpa Tahu Risiko

“Jadi kita bisa mengelompokkan iklan yang menyesatkan, iklan yang tidak akurat, tidak jelas, yang berpotensi merugikan konsumen. Itu akan kita tutup, kita panggil untuk menghentikan iklan tersebut,” kata Friderica.

Dia melanjutkan pelanggaran yang dilakukan iklan dari sektor perbankan sebanyak 2,63 persen dari 5.544 iklan, Industri Keuangan Non (IKNB) sebanyak 8,18 persen dari 1.088 iklan, dan 17,31 persen dari 52 iklan.

“Ini sudah kita sampaikan, dan kemudian mereka melakukan penyesuaian, atau bahkan (kita) menghentikan iklan tersebut,” kata Friderica.

Sementara, OJK mencatat persentase iklan yang mematuhi peraturan signifikan dalam tiga tahun terakhir.

Tercatat, persentase iklan sektor jasa keuangan yang mematuhi peraturan sebanyak 96 persen pada triwulan I-2022, atau meningkat signifikan dari yang hanya sebesar 36 persen pada triwulan I-2019.

Baca Juga:
OJK Ingin Bikin Masyarakat Percaya Keberadaan Fintech

“Kita lihat tren kepatuhan iklan semakin meningkat ya. Dengan OJK melakukan pengawasan, iklan ini terus meningkat,” kata Friderica.

#OJK #Hapus #Ratusan #Iklan #Jasa #Keuangan #dari #Medsos #Tawarkan #Keuntungan #Tak #Masuk #Akal

Sumber : www.suara.com

  • Share