Pengertian Vegetatif Buatan dan Perbedaannya dengan Vegetatif Alami

  • Share
Pengertian Vegetatif Buatan dan Perbedaannya dengan Vegetatif Alami

WMOTION.CO.ID – Dalam  pelajaran Biologi, ada materi mengenai perkembang biakan pada Tumbuhan. Mungkin kamu masih ingat bahwa tumbuhan bisa berkembang biak melalui dan . Masih inget engga dan vegatif alami?  

Sebelum membahas apa itu vegetatif alami dan vegetatif buatan, mari simak terlebih dulu mengenai metode berkembang biak pada tumbuhan. 

Jadi, tumbuhan berkembang biak dengan cara generatif dan vegatif. Generatif sendiri adalah perkembangbiakan melalui proses perkawinan. Sedangkan vegetatif adalah perkembangbiakan melalui proses tanpa perkawinan.

Jadi, perbedaan proses perkembangbiakan melalui cara generatif dan vegetatif ini terletak dari cara pembuahannya. Jika perkembangbiakan generatif membutuhkan putik dan serbuk sari (jantan dan betina), maka perkembanganbiakan vegetatif ini tidak membutuhkan itu karena ia dapat melalukan pembuahan tanpa proses perkawinan.

Baca Juga:
Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan: Pengertian, Proses, Alat hingga Manfaatnya

Namun, dalam artikel ini akan lebih fokus membahas mengenai pengertian Vegetatif buatan dan vegatif alami. Untuk selengkapnya, beikut ini ulasannya yang dirangkum dari sejumlah sumber.

Pengertian Vegetatif Buatan dan Vegetatif Alami

Diketahui, perkembangbiakan dengan cara vegetatif ini terbagi menjadi dua yaitu vegetaif buatan dan vegetatif alami. Adapun pengertian keduanya yaitu sebagai berikut:

Vegetatif Buatan

tanpa proses kawin yang dilakukan lewat manusia. Perkembangbiakan vegetatif buatan ini dilakukan melalui cara cangkok, stek, okulasi/menempel), dan enten/menyambung.

Baca Juga:
Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Manfaat perkembangbiakan melalui cara vegetatif buatan ini yaitu dapat menghasilkan tanaman atau tumbuhan yang lebih kokoh, pertumbuhan cepat, dan bisa menghasilkan varian baru

Pengertian Vegetatif Alami

Vegetatif alami adalah cara berkembang biak pada tumbuhan tanpa melalui proses perkawinan atau tanpa bantuan manusia. Dengan kata lain, tumbuhan tersebut dapat melakukan proses perkembangbiakan dari induknya.

Pada proses perkembangbiakkan vegetatif ini yang ditanam yaitu bagian tubuh induknya, seperti tunas, daun, batang, akar tinggal, umbi, atau  geragih.

Adapun contoh tumbuhan yang melakukan proses perkembangbiakan dengan cara vegetatif yanki nanas, bawang, wortel, dan pisang. Proses perkembangbiakan pada pohon pisang ini akan menghasilkan pisangan pohon atau disebut juga dengan tunas.

Demikian informasi mengenai pengertian vegetatif buatan dan vegetatif alami serta pengertian perkembangbiakan generatif yang terjadi pada tumbuhan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah maupun pengetahuan bagi pembaca semuanya.

Kontributor : Ulil Azmi

#Pengertian #Vegetatif #Buatan #dan #Perbedaannya #dengan #Vegetatif #Alami

Sumber : www.suara.com

  • Share