Sederet Alasan Mengapa Linux Populer di Kalangan Programmer

  • Share
Ilustrasi Tampilan Sederhana dari Distro Linux Ubuntu (Pixabay/guaxipo)

WMOTION.CO.ID – adalah open source dan gratis yang digunakan oleh banyak programme dari seluruh dunia. Memang, bagi masyarakat awam pada umumnya, sistem operasi Linux ini tidak terlalu terkenal.

Banyak orang lebih sering menggunakan atau Mac OS untuk menemani mobilitas kerja mereka. Ya, ada beberapa alasan yang cukup masuk akal mengapa Linux jadi sistem operasi kesayangan programmer.

Biasanya, programmer bekerja dengan perangkat lunak Linux karena ini adalah sistem operasi sumber terbuka gratis yang sangat andal dan memberi kontrol penuh kepada programmer dengan penyesuaian. 

Ilustrasi Tampilan Sederhana dari Distro Linux Ubuntu (Pixabay/guaxipo)

Sekitar seperempat dari semua pengembang di dunia menggunakan Linux sebagai sistem operasi mereka dan popularitasnya semakin meningkat sejak dirilis pada tahun 1991. Tapi mengapa para programmer ini suka menggunakan Linux?

Baca Juga:
6 K-Drama Populer Penulis Kim Eun Sook, Selain The Glory

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa programmer menggunakan Linux:

Keandalan & Keamanan

Linux sangat aman dan andal. Pengembang terus memperbarui sistem operasi dengan perbaikan yang menghadirkan keamanan apa pun. 

Selain itu, versi open-source Linux tidak banyak digunakan oleh masyarakat umum sehingga sangat sedikit virus yang dibuat untuk itu. 

Memiliki tim yang terus-menerus dipelihara dan dikembangkan, hanya ada sedikit orang yang bisa meretak teknologinya. Ini menawarkan keamanan terbaik.

Baca Juga:
Fitur Poco Girl , Game Simulator Wanita Terbaru 2023 yang Lagi Hits

Linux sangat andal dan aman sehingga dari 1 juta server web saat ini, 96,4% di antaranya menggunakannya sebagai sistem operasi mereka. 

Open Source

Open source berarti teknologi dibuat dan dikelola oleh komunitas orang secara gratis. Para programmer tidak perlu membayar untuk melisensikan dan menggunakan Linux seperti yang mereka lakukan dengan Windows atau mac OS. 

Keuntungan dari hal ini berarti Linux terus diperbarui dan dibagikan secara gratis. Kamu juga dapat menggunakan alat sumber terbuka seperti Wine untuk menjalankan aplikasi Windows di Linux, sehingga kamu akan mendapatkan yang terbaik dari keduanya.

Kebebasan Kontrol dan Penyesuaian

Bisa dibilang alasan paling penting bagi para programmer menggunakan Linux adalah karena tingkat kontrol dan penyesuaian yang dimungkinkan. 

Hal ini memungkinkan programmer untuk menyesuaikan sistem operasi dengan kebutuhan mereka dan benar-benar inovatif dalam pendekatan mereka.

Sebagai seorang insinyur perangkat lunak, kamu akan benar-benar dapat mengubah bagian mana pun dari sistem operasi. Dari mengubah lingkungan desktop hingga menghapus GUI.

Linux tidak hanya lebih cepat dari Windows dan mac OS tetapi juga menggunakan lebih sedikit sumber daya komputer kamu. Penggunaan CPU yang lebih sedikit berarti masa pakai yang lebih baik dan pengalaman pengguna yang lebih mulus secara keseluruhan. 

Sebagai perbandingan, penginstalan Windows 10 akan memakan sekitar 15 GB ruang di perangkat kamu. Sebaliknya, instalasi dasar Linux hanya membutuhkan 4GB. Jadi kalau ada yang lebih ekonomis, kenapa tidak?

Independensi dan interoperabilitas

Manfaat utama Linux adalah platform-independen yang berjalan dengan lancar di ponsel, laptop, smart TV, dan bahkan superkomputer.

Sifatnya yang open-source membuat Linux dapat dengan mudah dipindahkan ke arsitektur lain oleh pengembang mana pun yang ingin melakukannya. 

Mendukung banyak pemrograman Bahasa
Ini adalah alasan yang paling masuk akal mengapa programmer banyak yang menggunakan sistem operasi Linux.

Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. Banyak tool-tool gratis yang bisa dimanfaatkan. Berikut ini daftar bahasa pemrograman yang didukung di Linux.

C
C++
C# (Menggunakan Monodevelop)
Pascal (Menggunakan FPC dan Lazarus)
Javascript
Basic/VB (Menggunakan Gambas)
Java
Python
Ruby
Perl
PHP
Go
Baik
dsb.

Itulah beberapa alasan mengapa para programmer lebih suka menggunakan sistem operasi Linux ketimbang yang lain.

Damai Lestari

#Sederet #Alasan #Mengapa #Linux #Populer #Kalangan #Programmer

Sumber : www.suara.com

  • Share