Situs Resmi Pemkot Surabaya Diretas Hampir Sejuta Kali dalam Tiga Bulan Terakhir

  • Share
Serangan Siber ke Situs Game Naik Dua Kali Lipat

WMOTION.CO.ID – Situs resmi milik Pemerintah Kota Pemkot Surabaya, , www.surabaya.go.id diretas 957.254 kali oleh orang tak bertanggung jawab dalam tiga bulan terakhir ini.

“Berdasarkan data Pencegahan Serangan Siber, dalam 90 hari atau sekitar tiga bulan terakhir ini, terdapat 957.254 serangan yang ditangkal,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Surabaya M. Fikser di Surabaya di acara Bimbingan Teknis Tata Kelola Manajemen Keamanan Informasi di Pemkot Surabaya, Selasa (11/10/).

Menurut dia, akhir-akhir ini sedang hangat kasus dan informasi , dan hal itu juga terjadi di lingkungan pemerintahan yang biasanya digunakan untuk .

Dia menilai potensi kebocoran data itu juga sangat tinggi dan bisa terjadi di lingkungan Pemkot Surabaya.

Baca Juga:
Serangan Siber Bisa Rugikan Perusahaan Hingga Rp 122 Miliar

Situs yang diserang itu adalah aplikasi pelayanan publik untuk membantu memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Apabila situs-situs ini terus diserang, kata dia, tentu akan mengganggu pelayanan publik kepada masyarakat.

“Jadi, kami mohon dan minta tolong kepada semua pihak, tolong situs-situs ini jangan diserang, karena ini untuk kepentingan publik, kasihan warga nanti kalau situs-situs ini down, pelayanan kepada mereka pasti akan terganggu,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut dia, Diskominfo Surabaya bekerja sama dengan (BSSN) menggelar Bimtek Tata Kelola Manajemen Keamanan Informasi di lingkungan Pemkot Surabaya.

Bimtek yang dihadiri Kepala PD dan camat tersebut menghadirkan dua pemateri, yaitu Sub Koordinator Tata Kelola Keamanan Siber pada Direktorat Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah BSSN, Aris Munandar dan Keamanan Informasi, Vico Delta Frihannedy.

Para pemateri memberikan pencerahan tentang bagaimana mengamankan sistem informasi di lingkungan masing-masing, karena hal itu berkaitan dengan pelayanan publik.

Baca Juga:
Malware dan Pos Pulih dari -19, Jumlah Serangan Siber Terus Bertambah pada 2022

Dia berharap dengan adanya Bimtek ini jajaran Pemkot Surabaya dapat meningkatkan dan semakin menguatkan keamanan informasinya, yang merupakan salah satu aspek penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.

#Situs #Resmi #Pemkot #Surabaya #Diretas #Hampir #Sejuta #Kali #dalam #Tiga #Bulan #Terakhir

Sumber : www.suara.com

  • Share