Tanggapi Protes Deddy Corbuzier soal Fajar Sadboy, KPI Tak Temukan Masalah

  • Share
Tanggapi Protes Deddy Corbuzier soal Fajar Sadboy, KPI Tak Temukan Masalah

WMOTION.CO.ID – Komisioner (KPI) Pusat, Nuning Rodiyah mengatakan tayangan televisi yang menampilkan Labatjo atau Fajar Sadboy, remaja asal Gorontalo, melanggar undang-undang penyiaran.

Komentar ini disampaikan Nuning setelah pesohor memprotes tampilnya Fajar di stasiun TV. Menurut Deddy ia pernah ditegur oleh KPI karena menampilkan anak di bawah umur di tv. Ia meminta KPI menerapkan aturan yang sama ke TV dalam kasus Fajar.

Menurut Nuning KPI mengawasi penyiaran dengan mengedepankan prinsip dasar perlindungan anak dan remaja. Hal ini dilakukan untuk kepentingan masa depan anak-anak.

Nuning menjelaskan bahwa anak tidak boleh dihadirkan sebagai narasumber di lembaga penyiaran dalam materi yang di luar kapasitas mereka, seperti musibah atau bencana, perceraian, perselingkuhan, konflik orang dewasa, dan hal-hal traumatik lainnya. Hal merujuk pada Standar Siaran (SPS).

Baca Juga:
KPI Minta TV Tidak Ikut Ramaikan Konten Ngemis Online di

Sementara Fajar masuk dalam kategori usia 15 tahun yang dapat disebut anak yang sudah remaja. Dalam tilikan KPI, imbuh Nuning, sejauh ini program siaran yang telah menghadirkan Fajar Sadboy tidak membahas materi-materi yang di luar kapasitasnya sebagai remaja.

“Kita lihat konteksnya. Kalau kemudian Fajar Sadboy itu hanya bercerita pengalamannya begitu, saya kira tidak masalah,” kata dia.

“Kalau kemudian Fajar Sadboy dihadirkan, terus kemudian di-bully, dicengcengin, dijodoh-jodohin sama orang dewasa, yang tidak diposisikan sesuai konteksnya, tentunya ini akan menjadi catatan kami di KPI,” kata Nuning.

Nuning menambahkan pihaknya juga sudah mengadakan pertemuan dengan pengelola program siaran televisi pada Jumat (20/1/2023), termasuk program yang menampilkan Fajar Sadboy.

Dalam pertemuan tersebut, KPI meminta agar lembaga penyiaran mengedepankan perspektif perlindungan anak dalam membuat program siaran.

Baca Juga:
Ketemu Nagita Slavina, Fajar Sadboy Ngegombal ‘Kak Gigi Sudah Punya Suami Belum?’ Bikin Raffi Ahmad Ngamuk: Gue!

“Semuanya itu kami minta bahwa seluruh program siarannya harus dihadirkan dengan membawa perspektif perlindungan anak,” kata dia.

Apabila terdapat program siaran yang mengeksploitasi anak dan melakukan pada anak, Nuning mengatakan pihaknya dengan tegas akan memberikan sanksi berdasarkan UU Penyiaran serta Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS), mulai dari teguran tertulis hingga pencabutan izin siaran. [Antara]

#Tanggapi #Protes #Deddy #Corbuzier #soal #Fajar #Sadboy #KPI #Tak #Temukan #Masalah

Sumber : www..com

  • Share