Awalnya Cuma Produksi 5 Sandal, Brand Asal Bandung Ini Kini Punya Banyak Pelanggan

  • Share
Awalnya Cuma Produksi 5 Sandal, Brand Asal Bandung Ini Kini Punya Banyak Pelanggan

WMOTION.CO.ID – Soal fashion, kota Bandung selama ini dikenal sebagai tempat lahir merek-mereka lokal ternama. Dan belakangan yang tengah mencuri perhatian adalah .

Undersix adalah merek sebuah yang dimiliki Gugun Gunawan. Ada cerita menarik di balik pemberian nama Undersix itu sendiri.

Saat pertama kali memproduksi sandal, Gugun Gunawan tak memiliki modal yang cukup. Karena keterbatasan modal mempengaruhi bahan utama, Gugun pun hanya bisa memproduksi sebanyak lima sandal setiap harinya.

“Maka dari itu produknya dinamakan ‘Undersix’ atau di bawah enam. Karena ketika awal merintis dengan keterbatasan modal saya hanya bisa membuat lima model sendal,” ujar Gugun.

Namun karena produknya memiliki kualitas dengan model yang kekinian, Undersix banyak disukai. Pelan-pelan, Gugun Gunawan mulai bisa menambah modal dan produksinya pun terus meningkat hingga kini.

Sebelum memutuskan untuk membuat usaha sandal sendiri, Gugun Gunawan adalah karyawan dari sebuah produsen alas kaki di Cibaduyut selama empat tahun. Merasa memiliki ilmu yang cukup dalam bidang produksi dan seluk beluk industri sandal dan sepatu, Gugun pun memutuskan membuat brand alas kaki sendiri.

Gugun Gunawan memulai usahanya pada 28 September 2020, di saat kondisi susah karena awal pandemi Covid-19. Sempat khawatir usahanya akan sulit, penjualan Undersix malah terbilang positif. “Penjualanya alhamdulillah terus meningkat setiap bulan,” imbuh Gugun.

Selain desain kekinian, Gugun Gunawan juga menggunakan bahan berkualitas untuk produknya. Untuk sandal, Gugun mengaku menggunakan karet mentah premium outsole dengan detail neat stitching.

Soal harga jual, Gugun mengaku produknya lebih murah bila dibanding dengan produk lain yang menggunakan bahan sejenis. Gugun mematok harga sekitar Rp 130-175 ribu.

“Secara kualitas, produk bersaing di harga Rp 300 ribuan. Jika ada yang tidak sesuai kami juga memberikan jaminan garansi, karena produk sudah melalui tahap quality control sebelum dikirim,” tutur Gugun.

Kini, produk-produk dari Undersix bisa ditemukan di sejumlah marketplace ternama. Selain penjualan online, Undersix kerap hadir di acara bazaar atau event yang diselenggarakan secara langsung di Kota Bandung.

Gugun mengatakan usahanya ini tidak dibatasi dengan barang ready stock saja, tetapi dapat produksi custom sesuai dengan banyaknya jumlah pesanan yang diterima.

“Kami juga sempat titip jual di event offline beberapa waktu lalu, dan tertarik melakukannya lagi jika ada kesempatan kedepannya,” tutur Gugun.

#Awalnya #Cuma #Produksi #Sandal #Brand #Asal #Bandung #Ini #Kini #Punya #Banyak #Pelanggan

Sumber : www.suara.com

  • Share