Bangun Pengetahuan Masyarakat, Eureka Gelar Indonesia Makin Cakap Digital 2022

  • Share
Bangun Pengetahuan Masyarakat, Eureka Gelar Indonesia Makin Cakap Digital 2022

WMOTION.CO.ID – Demi membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital untuk menciptakan ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif, Eureka mensosialisasikan kegiatan literasi digital dengan bentuk kegiatan talkshow Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2022. Eureka merupakan platform pengembangan bakat dan kemampuan digital.

Perkembangan teknologi informasi di zaman milenial ini menjadi penyebab terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Teknologi digital telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari, mulai dari berkomunikasi, berinteraksi, bertransaksi hingga belanja kebutuhan sehari-hari. Seluruhnya aktivitas tersebut terdigitalisasi dengan teknologi informasi.

Penelitian We Are Social Hootsuite per Februari 2022, di Indonesia terdapat 204,7 juta pengguna internet dan 191,4 juta pengguna media sosial aktif, dari 68,9% populasi masyarakat Indonesia. Perkembangan pengguna internet bertambah 1,0% per tahun, atau setara dengan 2,1 juta pengguna.

Tantangan utama masyarakat modern saat ini adalah penggunaan internet dan media digital, yang tak hanya memberikan manfaat bagi penggunanya, namun juga membuka peluang terhadap beragam persoalan seperti penyebaran konten negatif melalui media internet, penyebaran , ujaran kebencian, cyberbullying, maupun online radicalism. 

Kegiatan Literasi Digital ini diselenggarakan secara hybrid, dengan menghadirkan berbagai narasumber yang ahli dibidangnya. Dalam upaya menjangkau banyak peserta, kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital akan diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Elvita Sari, Project Manager mengatakan target peserta yang mengikuti  event ini adalah 70 ribu peserta. “Acara di JIS ini menargetkan 70 ribu orang hadir langsung ke stadion, event menghadirkan sesuatu yang berbeda karena diadakan di stadion olahraga,” katanya, melalui keterangan resminya, Senin (22/8/2022).

Kegiatan ini juga dilaksanakan secara online melalui meeting, dengan target 30 ribu peserta. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti dapat mendaftarkan diri melalui link berikut https://s.id/regdkibantenJIS .

Rangkaian acara talkshow literasi digital akan digelar dengan dua tema. Pertama “Berkreasi dan Inovatid di Era Digital”, yang mana Ketua , Yosi Mokalu akan menjadi pembicara, selanjutnya Andi Nadia Aisyah seorang konten kreator, Dims The Meat Guy dan food blogger dan terakhir ada Onno W. Purbo pakar teknologi yang telah meraih berbagai penghargaan dunia.

Talkshow kedua bertema “Personal Branding di Era Digital”, yang akan diisi Merry Riana, seorang motivator dan entrepreneur,  Bella Panggabean sinematografer yang telah banyak terlibat dalam berbagai film dan iklan serta Influencer Okky Alparessi.

Acara ini juga dimeriahkan dengan konser musik dari special performer band maliq & d’essentials dan JKT48. Selain itu juga akan dimeriahkan dengan stand up comedy, Bonar Manalu dan performance DJ Tama dan rangkaian acara akan dengan pengundian hadiah doorprize.

#Bangun #Pengetahuan #Masyarakat #Eureka #Gelar #Indonesia #Makin #Cakap #Digital

Sumber : www.suara.com

  • Share