Gelar Asistensi, Bea Cukai Dukung Kemajuan Pengusaha Kawasan Berikat

  • Share
Gelar Asistensi, Bea Cukai Dukung Kemajuan Pengusaha Kawasan Berikat

WMOTION.CO.ID – Bea Cukai terus berkomitmen memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha melalui pemberian fasilitas kepabeanan, salah satunya fasilitas kawasan berikat. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan fasilitas tersebut, Bea Cukai secara kontinu melakukan pendampingan dan asistensi melalui pertemuan dan kujungan dengan perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat di beberapa wilayah.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa melalui asistensi pihaknya berupaya mengetahui teknis pelaksanaan fasilitas di lapangan dan berbagai kendala yang dihadapi. “Pahami bahwa kawasan berikat merupakan salah satu fasilitas kepabeanan yang diberikan Bea Cukai berupa penangguhan bea masuk barang Impor untuk diolah, digabung, dan dikemas untuk diekspor kembali,” terangnya.

Pada Rabu (16/11/), Bea Cukai Semarang menerima kunjungan dari PT Berkah Emas Sumber Terang (PT BEST). PT BEST merupakan perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat yang di bidang industri minyak goreng. Dalam kunjungan ini keduanya membahas beberapa hal terkait pemenuhan kewajiban dalam penggunaan fasilitas kawasan berikat sebagai persiapan perusahaan dalam produksi minyak goreng menjelang bulan puasa.

Sebelumnya, bertajuk customs visit customer(CVC) Bea Cukai Pekanbaru turun langsung ke lapangan untuk mengunjungi kawasan berikat PT Riau Andalan Pulp and Paper yang berlokasi di Pangkalan Kerinci, Pelalawan pada tanggal 9-11 November 2022. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka stock opname atau pencacahan barang yang mendapat fasilitas.

Sementara Bea Cukai juga menerima kunjungan dari Asosiasi Kawasan Berikat (APKB) Pusat dan APKB Jawa Barat. Kunjungan ini dilaksanakan untuk menyampaikan kondisi terkini yang dihadapi oleh pengusaha kawasan berikat di wilayahnya.

“Mayoritas perusahaan penerima fasilitas kawasan berikat mengalami kendala akibat adanya pandemi dan kondisi perekonomian . Untuk kami melakukan asistensi guna membahas dan mencari solusi dari masalah yang dihadapi, sehingga perusahaan dapat terus bertahan dan berkembang dalam kondisi saat ini,” jelas Hatta.

“Selanjutnya kami berharap komunikasi yang terjalin antara jasa dengan Bea Cukai semakin baik dan bersama-sama menopang upaya ,” tutupnya.

#Gelar #Asistensi #Bea #Cukai #Dukung #Kemajuan #Pengusaha #Kawasan #Berikat

Sumber : www.suara.com

  • Share