Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM

  • Share
Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM

WMOTION.CO.ID – di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang pesat, seiring dengan tingginya permintaan dan melebarnya kosmetik. Tahun 2021, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) disebutkan, kosmetika yang mencakup sektor farmasi, kimia, dan obat tradisional mengalami pertumbuhan hingga 9,61%.

Selain itu, BPOM juga mencatat, industri kosmetik mengalami kenaikan jumlah perusahaan hingga 20,6 persen. Sebanyak 819 industri kosmetik mengalami pertambahan menjadi 913 industri semenjak 2021 hingga Juli . Peningkatan industri kosmetik tersebut didominasi oleh UKM, yakni sebesar 83%.

Tak hanya itu, masa pandemi yang melanda Indonesia juga membuat industri kosmetik di Tanah Air mengalami perubahan yang signifikan.

Martha Tilaar Group, Kilala Tilaar mengatakan, pembatasan sosial yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia membuat aktivitas konsumsi masyarakat juga berubah.

Meski sebelumnya sempat menurun, tapi pasca pandemi tahun ini, membuat peluang baru bisnis kosmetik yang lebih besar.

“Akibat pembatasan aktivitas dan interaksi sosial, maka industri berubah dari yang pembelian produk dekoratif yang semula cukup baik ke kategori skincare, ini membuat pangsa pasar produk kecantikan sempat drop 35 persen. Perubahan terjadi karena masyarakat work from home atau sering di rumah, sehingga punya waktu senggang merawat diri,” kata Kilala.

Hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku industri kosmetik untuk mengembangkan produk mereka, baik yang berbahan dasar alami maupun kimia.

Sekarang para pelaku usaha yang baru terjun untuk memulai bisnis kosmetik dan belum memiliki , menyasar pada jasa maklon.

Jasa maklon merupakan kegiatan manufaktur produk yang dilakukan oleh perusahaan atas dasar permintaan pihak lain. Istilah maklon, awalnya dikenal dalam industri kosmetik.

Maklon kosmetik merupakan perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan produk kecantikan seperti dan skincare. Namun istilah ini juga digunakan pada industri-industri lainnya, baik , minuman, maupun produk herbal.

#Hingga #Juli #Industri #Kosmetik #Meningkat #dan #Didominasi #UKM

Sumber : www.suara.com

  • Share