Indonesia Negara Kepulauan Besar, Peran Pelabuhan Dinilai Penting untuk Kegiatan Ekonomi

  • Share
Indonesia Negara Kepulauan Besar, Peran Pelabuhan Dinilai Penting untuk Kegiatan Ekonomi

WMOTION.CO.ID – Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Peran sangat penting untuk menunjang kegiatan ekonomi dan , karena barang dari daerah atau kota di satu pulau ke daerah atau kota di pulau lainnya dapat dipastikan akan melalui pelabuhan. 

Pengamat maritim, yang juga Pengurus dari Dewan Pimpinan Pusat Ahli Keselamatan dan Maritim Indonesia (AKKMI)., Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa SSiT., M. Mar mengatakan, tata kelola pelabuhan di Indonesia perlu ditata ulang, karena seringnya terjadi overlapping.

“Di Indonesia ada banyak pengelolaan pelabuhan. Ada pelabuhan umum, terminal khusus (tersus) maupun terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS). Izin ini diberikan agar tata kelola pelabuhan di Indonesia menjadi lebih optimal,” ujar Hakeng, Senin (22/8/2022) dalam keterangan tertulisnya.

Pernyataannya ini merupakan respons dari kebijakan pada 11 Agustus lalu, yang menjanjikan konsesi untuk pihak swasta yang ingin pelabuhan dalam bentuk Badan Usaha Pelabuhan (BUP).  Konsesi akan diberikan sampai 30 tahun.

“Menhub akan memberikan konsesi 30 tahun bagi pihak swasta yang membentuk BUP untuk pengelolaan pelabuhan swasta patut diapresiasi baik,” katanya lagi. 

Namun ia menjelaskan persoalan tata kelola Tersus dan TUKS sudah jelas disebutkan Dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 52 Tahun 2021 Tentang Terminal Khusus dan Terminal untuk Kepentingan sendiri  disebut dalam Pasal 3 ayat 1 bahwa Pengelolaan Terminal Khusus atau Terminal untuk Kepentingan Sendiri dikelola oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, atau badan usaha.

“Saya mengusulkan agar pembangunan serta pengelolaan Tersus dan TUKS di Indonesia selalu menyertakan, ataupun jika bisa berada di bawah kendali Pelindo yang memiliki pengalaman, sumber daya manusia dan peralatan pendukung yang sangat memadai,” kata Hakeng.

“Apalagi selama ini ada tumpang tindih dalam hal pengelolaan pelabuhan tersus dan TUKS, sehingga tata kelola pelabuhan di Indonesia seperti tidak terintegrasi dan terkoordinasi. Sebaiknya, pembangunan Tersus dan TUKS di seluruh Indonesia bisa selalu berkoordinasi serta di bawah kendali Pelindo, karena Pelindo satu-satunya Pelabuhan dan diyakini punya kapasitas kuat dalam hal tersebut,” tambahnya.

Ia mengusulkan perlu dibuat peraturan untuk menguatkan Pelindo sebagai integrator pengelolaan pelabuhan Tersus dan TUKS di Indonesia.

“Indonesia sebagai sebuah negara kepulauan dan pelabuhan adalah urat nadinya. Sepatutnya dikelola secara dan terintegrasi sehingga tidak menciptakan biaya logistik yang tinggi untuk hal-hal yang tidak perlu,” katanya.

#Indonesia #Negara #Kepulauan #Besar #Peran #Pelabuhan #Dinilai #Penting #untuk #Kegiatan #Ekonomi

Sumber : www.suara.com

  • Share