KADIN dan Yayasan Internet Indonesia Menyelaraskan Ekonomi Kota dan Desa melalui Digitalisasi

  • Share
KADIN dan Yayasan Internet Indonesia Menyelaraskan Ekonomi Kota dan Desa melalui Digitalisasi

WMOTION.CO.ID – Kamar Dagang Industri () Indonesia bersama bekerja sama dengan Pemerinta Kota Surakarta menyelenggarakan acara Nusantara Expo & Summit 2022. Acara ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah dalam mempercepat akselerasi ekonomi masyarakat dari kota hingga pelosok di seluruh Indonesia.

Acara dengan tema “Akselerasi Ekonomi dan Kota hingga Kampung dan Desa Melalui Digitalisasi” ini berlangsung dari 29 hingga 31 di Gedung Edutorium UMS, Surakarta, Jawa Tengah.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendukung penuh Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022. Kemendagri segera melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Surakarta, KADIN Indonesia dan para pihak terkait lainnya, seperti Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian , Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian BUMN, Badan Siber dan Sandi Negara.

Program penguatan ekonomi melalui transformasi digital ini perlu mendapatkan dukungan dan perhatian serius dari seluruh kepala daerah. Yakni dengan mengoptimalkan potensi pengembangan ekonomi kewilayahan, serta hasilnya dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

Kemendagri juga akan meminta kepada pemerintah daerah untuk menyukseskan acara ini. Dengan keikutsertaan ini diharapkan akan meningkatnya pengetahuan dan wawasan serta terbangunnya pemahaman yang sama akan pentingnya peran dan informasi, dalam hal ini digitalisasi dalam penyelenggaran tugas pemerintahan dan pelayanan publik.

Menurut Wakil Ketua Umum Bidang Teknologi dan Informasi KADIN Indonesia Firlie H Ganindito, Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 bertujuan membangun sinergi dan berbagi pengetahuan tentang digitalisasi antara narasumber, kepala daerah, pelaku usaha, hingga masyarakat. Serta merangsang pertumbuhan ekosistem digital di seluruh Indonesia dengan bekerjasama dengan berbasis teknologi informasi.

“Selain itu pula kami harap dapat menjadi media untuk pemerataan digitalisasi di seluruh daerah di Indonesia melalui forum diskusi antar seluruh pemangku kepentingan. Dan menjadi medium untuk berbagi ide maupun gagasan baru, menentukan dan mengusulkan solusi untuk perencanaan, penerapan, dan pembuatan kebijakan yang berkaitan dengan digitalisasi di Indonesia yang tentunya mempertimbangkan kemajuan teknologi dan inovasi terbaru yang dapat diterima dan diimplementasikan di kehidupan bermasyarakat,” ujar Firlie.

Sedangkan menurut Chairman Yayasan Internet Indonesia, Jalalul Izaa saat ini masih terdapat kesenjangan tranformasi digital di masyarakat pedesaan dan kota. Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 pun diharapkan bisa memperkecil perbedaan itu. Tidak bisa dibantah kalau digitalisasi berdampak luas pada kehidupan masyarakat di seluruh aspek kehidupan, mulai dari bidang teknologi informasi, infrastruktur, media, kesehatan, perdagangan dan industri, transportasi, administrasi, , pariwisata, dan banyak lainnya.

“Tentu hal ini menjadi masalah yang cukup serius dan menjadi agenda yang harus ditindaklanjuti. Kami berharap agar terselenggaranya event ini dapat mengurangi kesenjangan tersebut, dengan berbagai perencanaan dan solusi terbaik yang ditemukan nantinya oleh seluruh kementerian yang terlibat maupun dari masyarakat. Dengan begitu, pemerataan dapat terjadi hingga ke pelosok daerah sekali pun,” kata Jamal memaparkan.

Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022 mengusung tiga konsep activity yaitu Expo yang memamerkan berbagai produk unggulan berupa barang dan jasa dari masing-masing peserta. Summit yang menjadi forum diskusi narasumber mulai dari pemerintah, pakar, akademisi, dan pengusaha untuk berdiskusi ide dan solusi inovatif dengan pengunjung terkait berbagai topik seputar dunia digital. Lalu Workshop yang merupakan kelas pelatihan e-commerce , pariwisata, startup, dan lainnya dengan tema Digitalisasi Administrasi Daerah.

Tak hanya itu, sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM, penyelenggara menggandeng sejumlah pelaku usaha kuliner yang menjajakan beragam varian masakan khas Nusantara untuk memeriahkan Pasar selama berlangsungnya Digitalisasi Nusantara Expo & Summit 2022.

#KADIN #dan #Yayasan #Internet #Indonesia #Menyelaraskan #Ekonomi #Kota #dan #Desa #melalui #Digitalisasi

Sumber : www.suara.com

  • Share