Kemenkominfo Berikan Pelatihan Tentang Cara Periksa Fakta Sederhana Secara Virtual

  • Share
Kemenkominfo Berikan Pelatihan Tentang Cara Periksa Fakta Sederhana Secara Virtual

WMOTION.CO.ID – Kemenkominfo memberikan pelatihan kepada generasi muda Maluku-Papua tentang bagaimana cara “Periksa Fakta Sederhana”, Senin (14/11/2022). Terlalu banyak bentuk penipuan atau hoaks yang merugikan masyarakat, termasuk pada generasi muda. Pelatihan yang berjalan kurang lebih 120 menit dengan diikuti 600 peserta dari Sorong & Ternate, menghidupkan suasana indonesia timur senin pagi.

Di Moderatori oleh Patria Prathama, para peserta menjadi semakin bersemangat. Selain karena terasa akrab, juga para narasumber yang sudah ahli dibidangnya yang menyampaikan materi dengan lugas dan menyenangkan, sehingga para peserta merasa bosan. Materi yang menyenangkan diisi oleh; Alex Iskandar, MBA (Managing Director, IM Focus), Moch Ilham Faris Baladraf (CEO Satmaka Raharja Group), Nata Gein (Influencer).

Jenis penipuan atau Hoaks di sosial beragam macamnya, jumlah pun bertambah setiap harinya tanpa pandang umur. Berangkat dari kasus demi kasus yang serupa, Kemenkominfo memberikan solusi dengan memberikan pelatihan kepada generasi muda Maluku-Papua tentang “Periksa Fakta Sederhana”. Tidak hanya issue, maraknya juga konten-konten yang dibuat menyalahi aturan, tidak adanya batas privasi, melanggar hak cipta dan karya intelektual, serta menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat.

Untuk itu, dengan adanya pelatihan ini Kemenkominfo ingin generasi muda Indonesia semakin , sehingga konten-konten yang dihasilkan lebih taat peraturan dan sesuai dengan norma yang berlaku. Sesuai dengan materi yang diberikan oleh para narasumber dari sudut pandang Etika, Keamanan, & Budaya di media digital. Maraknya berita miring dan palsu tersebar bebas di media digital, cukup meresahkan masyarakat dari berbagai lapisan. , , bahkan dewasa dan . Dampaknya bukan hanya timbul asumsi miring namun juga tindakan negatif dari masyarakat yang terpapar.

Di pelatihan yang diberikan Kemenkominfo, Alex Iskandar memaparkan, pentingnya pemahaman membedakan informasi hoax dan fakta, karena sumber berita hoax ada dimana-mana. Tercatat oleh , ada beragam bentuk berita hoax yang tersebar.

“Dengan tulisan, gambar, bahkan video. Di beragam media seperti koran, televisi, bahkan internet yang sangat marak di kalangan adik-adik. Untuk itu perlunya adik-adik paham bagaimana cara memeriksa fakta sederhana diantara hoax yang tersebar luas, seperti dengan mencek di situs cekfakta.com yang merupakan kolaborasi 24 warta berita yang dibentuk pada 2018,” jelas Alex.

#Kemenkominfo #Berikan #Pelatihan #Tentang #Cara #Periksa #Fakta #Sederhana #Secara #Virtual

Sumber : www.suara.com

  • Share