Kominfo Berikan Tips Cara Bikin Konten Belajar yang Menarik

  • Share
Kominfo Berikan Tips Cara Bikin Konten Belajar yang Menarik

WMOTION.CO.ID – (Kominfo) menyelenggarakan webinar bertajuk #MakinCakapDigital pada Selasa (6/9/2022) lalu. Kegiatan yang mengusung tema “Cara BIkin Belajar yang Menarik” ini dilakukan secara daring dengan diikuti oleh 500 partisipan.

Menariknya, partisipan tidak hanya dari milenial saja, tapi juga siswa-siswi dari beberapa di Papua-Maluku yang mengadakan kegiatan “” di kelas untuk mengikuti ini. Webinar ini berlangsung kurang lebih 120 menit, dihadiri oleh Patria Prathama sebagai moderator, serta narasumber-narasumber yang sudah ahli dibidangnya Yulia Dian Candra Kusuma (Digital Nomad, Individual Consultant), Deddy Triawan (CTO MEC Indonesia), dan Putri Masyita (Digital Content Creator).

aktif media digital di Indonesia saat ini telah mencapai 191 juta orang pada Januari 2022, dan angka ini akan selalu naik setiap tahunnya. Berbagai macam konten telah diproduksi oleh para penggiat atau konten kreator dari platform media digital masing-masing. Tidak sedikit konten-konten yang dibuat menyalahi aturan, tidak adanya batas privasi, melanggar hak cipta dan karya intelektual, serta menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat.

Dengan adanya program pelatihan ini Kominfo ingin -anak muda Indonesia semakin cakap digital, sehingga konten-konten yang dihasilkan lebih taat peraturan dan sesuai dengan norma yang berlaku. Sesuai dengan materi yang diberikan oleh para narasumber dari sudut pandang Etika, Keamanan, & Budaya di media digital.

Yulia Dian dalam paparannya dari sudut pandang Budaya Digital. “Digital kini sudah menjadi budaya, jati diri kita dalam ruang digital sebenernya tak berbeda jauh dengan dunia non digital. Digitalisasi budaya memungkinkan kita untuk mendokumentasikan budaya, serta dapat menjadi peluang untuk mengasah kreativitas. Dengan cara, memasukan unsur budaya dalam konten belajar kita, menjadikan sedikit lebih beda, sehingga lebih baik untuk dicerna para ,” jelas Yulia.

“Ada beberapa tahapan untuk membuat konten belajar, seperti; pertama memilih materi yang akan diangkat, lalu mencari ide dan konsep yang menarik, membuat naskah dan jalan cerita, lalu proses & ujicoba, kemudian dicek dan direvisi jika perlu, ditayangkan. Proses cukup panjang namun singkat yang menjadikan konten belajar lebih menarik untuk diterima para peserta,” tambah Yulia.

#Kominfo #Berikan #Tips #Cara #Bikin #Konten #Belajar #yang #Menarik

Sumber : www.suara.com

  • Share