Kominfo Dorong Anak Muda Gunakan Media Sosial yang Bijak, Kreatif, dan Inovatif

  • Share
Kominfo Memudahkan Generasi Maluku - Papua Menyelesaikan Tugas dengan Pelatihan #MakinCakapDigital

WMOTION.CO.ID – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menyelenggarakan webinar pada Rabu (7/9/2022). Kegiatan yang mengusung tema “Menjadi Pengguna yang Bijak, Kreatif, dan Inovatif” ini dilakukan secara daring dengan diikuti oleh lebih dari 300 partisipan.

Menariknya, partisipan dari milenial, yang mana -siswi dari SMPN 6 Jayapura & SMAN 2 Sorong. Mereka mengadakan kegiatan “” di kelas untuk mengikuti pelatihan ini. Webinar ini berlangsung kurang lebih 120 menit, di moderatori oleh Eddy Bingky, serta narasumber-narasumber yang sudah ahli dibidangnya Fithrianti ST (Individual Consultant, Digital Nomad), Astried Finnia Ayu Kirana (Managing Director), dan Vizza Darra (Public Figure).

Pengguna aktif media digital di saat ini telah mencapai 191 juta orang, terpaut pada Januari 2022, dan angka ini akan selalu naik setiap tahunnya. Beragam macam konten telah diproduksi oleh para penggiat atau konten kreator dari media digital masing-masing. Tidak sedikit konten-konten yang dibuat menyalahi aturan, tidak adanya batas privasi, melanggar hak cipta dan karya intelektual, serta menimbulkan ketidaknyamanan di masyarakat.

Tidak sedikit pula, para pengguna yang memanfaatkan media digital sebagai ladang kejahatan, yang sering kita sebut Cybercrime. Adanya pelatihan ini ingin -anak muda Indonesia bisa menjadi pengguna media sosial yang bijak, kreatif dan inovatif, sehingga konten-konten yang dihasilkan lebih taat peraturan, beragam dan sesuai dengan norma yang berlaku. Untuk itu materi yang diberikan oleh para narasumber berasal dari beragam sudut pandang, seperti budaya, etika, dan keamanan.

Fithrianty ST dalam paparannya menjelaskan, tentang “Etika Bermedia Digital”. “Kita harus menyadari bahwa dalam bermedia sosial kita berinteraksi dengan manusia nyata di jaringan lain oleh sebab itu kita harus mengedepankan integritas kejujuran, menghindari plagiasi, manipulasi dan sebagainya serta mengedepankan netiket yaitu tata krama dalam berinternet dimana kita harus bijaksana dalam bermedia sosial dan diantaranya hindari konten negative,” ucap Fithri.

“Untuk sisi kreatif di media sosial itu ada banyak bentuknya dari pengembangan diri sampai pengembangan usaha. Dan, dari sisi inovatifnya kitab bisa gunakan media sosial untuk promosi bisnis hingga pariwisata. Internet juga bisa jadi anugerah dan sumber berkah jika menggunakannya secara bijak dan berpijak pada etika. Sebaliknya, internet bisa jadi sumber musibah jika kita abai dengan etika,” lanjut Fithri dalam paparannya.

#Kominfo #Dorong #Anak #Muda #Gunakan #Media #Sosial #yang #Bijak #Kreatif #dan #Inovatif

Sumber : www.suara.com

  • Share