Mencicipi Kopi Khas Sambas dan Sop Singkong Kuah Sapi di Kedai Kopi Ko Acung

  • Share
Seorang peracik kopi tengah menyiapkan segelas kopi di Kedai Kopi Ko Acung. [Instagram]

WMOTION.CO.ID – Kedai atau kafe kini semakin menjamur dan tumbuh di sejumlah lokasi di hampir seluruh kota di Indonesia. Namun karena tidak menyajikan menu khas nan otentik, tak sedikit kafe atau kedai kopi yang akhirnya .

bisa jadi pengecualian. Kedai kopi yang menyajikan kopi dan kuliner khas Sambas, Kalimantan Barat ini banyak digemari orang. Sebagai salah satu bukti, Kopi Ko Acung yang tadinya hadir di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan pada 2021, kini baru saja membuka cabang terbarunya di Jalan Sabang, .

Seorang peracik kopi tengah menyiapkan segelas kopi di Kedai Kopi Ko Acung. [Instagram]

Lantas, apa istimewa Kedai Kopi Ko Acung? Seperti yang sudah disebutkan di atas, kedai ini menyajikan kopi dan aneka panganan khas Sambas, Kalimantan Barat. Untuk kopi, tersedia kopi origin dan single origin. Namun bagi yang tidak minum kopi, menu di sini pun cukup banyak seperti aneka jus dan spesialnya jus jeruk sonkit, es lidah buaya, es soda kitna, hingga minuman Badak yang melegenda.

Menu di Kopi Ko Acung patut dicoba karena beberapa menu jarang dijumpai. Di antaranya

Sop Singkong Kuah Sapi berisi  Misoa, Singkong Rebus, dengan topping irisan daging sapi, ikan teri, kacang goreng yang disiram kuah kaldu sapi serta disajikan dengan perasan Jeruk Sonkit dan Sambal Khas Kalimantan.

Sate Kuah, salah atu menu di kedai Kopi Ko Acung. [dokumentasi pribadi]
Sate Kuah, salah atu menu di kedai Kopi Ko Acung. [dokumentasi ]

Menu khas Peranakan Kalimantan Barat lainnya yang harus  dicoba adalah Sop Ikan Teri, Kincipan, Sate Kuah, Bubur Padas dan Bubur Sapi. Atau camilan seperti Pisang Goreng Selai Kaya yang renyah dari Pisang Kalimantan.  Terasa nikmat dengan paduan  Selai Kaya buatan Ko Acung yang pas manisnya.

Ada juga Choipan yang kulitnya begitu lembut dan punya cara makan ala Kopi Ko Acung yang membuatnya semakin nikmat. Tersedia juga berbagai menu pilihan aneka Nasi, Kwetiau, Bakmi, Camilan seperti Cabai Garam, Platter Gorengan dan Rebusan.

“Semua menu di Kopi Ko Acung halal, tidak mengandung babi,” kata Direktur Utama Kopi Ko Acung, Kenneth Kuwantto.

Sop Singkong Kuah Sapi, salah atu menu di kedai Kopi Ko Acung. [dokumentasi pribadi]
Sop Singkong Kuah Sapi, salah atu menu di kedai Kopi Ko Acung. [dokumentasi pribadi]

Selain makanan dan kopi yang nikmat, Kopi Ko Acung juga memiliki tempat yang cukup luas dan nyaman. Di Sabang memiliki ruang meeting  berkapasitas 15 orang, smoking area, dan private room.

Kehangatan juga terbawa dalam ambiance yang dibangun di Kopi Ko Acung dengan berkonsep Straits-Chinese. Kehangat seperti berada di ruang tamu rumah teman ini mengena dan bikin betah bagi semua kalangan dari berkumpul bareng keluarga sampai hang out dengan teman-teman.

“Sesuai slogan Kopi Ko Acung, ‘Selalu Bahagia’, kami menghadirkan suasana yang hangat dan bagi setiap pengunjung agar merasa nyaman serasa di ruang tamu rumah teman sendiri,” ujar Kenneth.

#Mencicipi #Kopi #Khas #Sambas #dan #Sop #Singkong #Kuah #Sapi #Kedai #Kopi #Acung

Sumber : www.suara.com

  • Share