Menteri Siti Nurbaya Apresiasi TOSS Center Klungkung dan Bisa Jadi Contoh untuk Atasi Sampah

  • Share
Suasana di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Klungkung, Bali. [dokumentasi Pemkab Klungkung]

WMOTION.CO.ID – Sampah menjadi sebuah permasalahan serius di seluruh kota di Indonesia. Namun langkah Kelungkung, Bali membuat Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center patut untuk ditiru.

yang persisnya terletak di Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Bali sudah berjalan sejak 2018. TOSS pun kemudian dijadikan contoh karena dianggap mengurangi sampah secara signifikan.

Suasana di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Klungkung, Bali. [dokumentasi Pemkab Klungkung]

TOSS Center di Klungkung, Bali pun kemudian mendapat apresiasi dari Menteri dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Siti mendatangi TOSS Center pada 11 Januari lalu dan memuji Kabupaten Klungkung di bawah kepemimpinan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta karena telah menghadirkan solusi alternatif mengurai persoalan sampah.

“TOSS Center Klungkung bisa menjadi contoh bagi pemerintah kabupaten lain dalam hal , karena dilihat dari fasilitasnya, ruangnya maupun teknologinya sudah sangat baik. Tetapi, nanti sarananya harus perlu ditambah lagi,” ujar Sit Nurbaya, dalam keterangan yang diterima WMOTION.CO.ID.

Menurut , menangani sampah hanya tugas pemerintah saja, tetapi juga dari masyarakat itu sendiri. Dimulai dari kesadaran dan pemahaman tetang sampah itu sendiri, kemudian memecahkan masalah sampah dari hulu ke hilir, apa saja yang dilakukan di dalam proses itu, dan siapa yang terlibat.

Mesin pengolah sampah di Toss Center Klungkung, Bali.
Mesin pengolah sampah di Toss Center Klungkung, Bali.

“Klungkung catatan prestasinya juga banyak. Saya pun sangat apresiasi ini mudah-mudahan ke depannya TOSS Center juga bisa menjadi tempat percontohan untuk daerah lainnya,” imbuh Siti Nurbaya.

I Nyoman Suwirta selaku Bupati Klungkung mengaku sangat gembira TOSS Center mendapat apresaisi dari . Ia mengakui, masalah bukan hal mudah diatasi, sehingga sama antara seluruh pihak sangat dibutuhkan.

“Sejak 2017 kami telah berkomitmen untuk serius memerangi sampah, karena sampah sudah menjadi ancaman yang serius, sehingga harus menciptakan inovasi dan terobosan yang kreatif agar permasalahan sampah ini dapat teratasi. Saat ini pun sistem pengolahan terus kami sempurnakan lagi, masukan dan saran terus kita akomodir,” tutur I Nyoman Suwirta.

Sebelumnya, TOSS Center Klungkung berhasil masuk Top 40 Inovasi Pelayanan Publik. Pada 2021 TOSS berhasil masuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) kategori khusus, dan masuk Top 5 Outstanding Achievement of Public Services dari Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) pada 2022.

Pemerintah Kabupaten Klungkung juga tengah membuat program 100 persen TOSS Desa, di mana semua desa di Klungkung akan memiliki tempat olah sampahnya sendiri.

#Menteri #Siti #Nurbaya #Apresiasi #TOSS #Center #Klungkung #dan #Bisa #Jadi #Contoh #untuk #Atasi #Sampah

Sumber : www.suara.com

  • Share